Debat Capres, Prabowo Punya Pengalaman

Debat Capres, Prabowo Punya  Pengalaman

Ahmad Suhawi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Tiga calon presiden (capres) kali ini bersiap debat calon presiden berlangsung di Jakarta pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat, Minggu 7 Januari 2024. Tiga pasangan Capres Anies Baswedan-Cawapres Muhaimin Iskandar, Capres Prabowo Subianto-Cawapres Gibran Rakabuming Raka, Capres Ganjar Pranowo-Cawapres Mahfud MD

Wakil Komandan TKN Prabwo- Gibran, Ahmad Suhawi menyampaikan, jika Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) akan banyak menguasai panggung debat. “Apalagi Pak Prabowo sudah puluhan tahun menggeluti bidang geopolitik, maupun pertahanan dan keamanan,” sebut Suhawi dihubungi Memorandum, Minggu 7 Januari 2024.

Suhawi juga meyakini, terkait tema debat (pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik), Prabowo Subianto mempunyai pengalaman dan sudah menjalani. Sementara dua capres lainnya (Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo) masih dalam wacara teori. “Pak Prabowo sudah menjalani di bidang pertahanan dan keamanan,” kata Suhawi yang juga Ketua Umum Persaudaraan Pemuda Etnis Nusantara. 

Karena itu, Prabowo Subianto akan menguasai pokok tema debat malam ini. “Wawasan, pengalaman, dan Prabowo dari isu (pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik) lebih up date dan permasalahan yang disampaikan lebih aktual,” ujar Wasekjen DPP Pandawa Lima.

BACA JUGA:Debat Capres-Cawapres Putaran Kedua Dimulai, Warga Harap Tak Sekadar Umbar Jargon

KPU memberlakukan tiga peraturan baru pada debat kali ini. KPU menyebut perubahan aturan didasarkan pada dua debat sebelumnya. Debat kedua bagi para capres pada Pilpres 2024 ini akan fokus pada isu seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Dalam aturan terbaru, moderator diminta memperjelas istilah dan singkatan yang dilontarkan para capres. Aturan ini diberlakukan, kata komisioner KPU August Mellaz, untuk memperjelas pertanyaan dan pertanyaan yang muncul. "Memang itu terjadi disepakati bahwa peran moderator akan menjalankan fungsi itu untuk mempertegas terkait akronim atau pun istilah tanpa mengurangi waktu dari setiap paslon," kata Mellaz, Jumat lalu.

Debat kali ini diselenggarakan di Istora Senayan. Lokasi debat terus berubah sejak debat pertama karena tim pasangan capres-cawapres menganggap tempat sebelumnya, yaitu Kantor KPU dan JCC Senayan terlalu kecil.(day)

Sumber: