Nyaris Bentrok Antarperguruan Silat di Jember, Berhasil Dimediasi

Nyaris Bentrok Antarperguruan Silat di Jember, Berhasil Dimediasi

Mediasi yang dilakukan kedua pihak perguruan silat.-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Insiden nyaris bentrok antarperguruan silat di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, berhasil dimediasi aparat setempat. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu 6 Januari 2024 malam.

Pasalnya, anggota perguruan silat, DK, berkumpul dengan teman-temannya di pinggir jalan Dusun Tegalan, Desa Slateng. Kemudian, melintas anggota perguruan silat lainnya, SK, dengan menggeber motornya.

BACA JUGA:Polsek Ledokombo Gulung Sindikat Uang Palsu

Lantaran DK dan teman-temannya yang merasa terganggu kemudian mendatangi rumah SK. Di sana, terjadi adu mulut dan saling menantang berkelahi.

Alhasil menanggapi hal tersebut, Kapolsek Ledokombo AKP Fahrur Rozaq, bersama anggota dan babinsa langsung melakukan langkah cepat. Mereka mempertemukan kedua belah pihak di Pesantren At Tanwir Dusun Sumbergadung, Desa Slateng untuk dilakukan mediasi.

BACA JUGA:Muspika Jelbuk Kawal Penggantian Tugu Perguruan Silat Jadi Tugu Pancasila

Dalam mediasi tersebut, Kapolsek Fahrur Rozaq mengajak kedua belah pihak untuk tidak emosional dan menyelesaikan masalah secara dewasa. Ia juga mengingatkan bahwa saat ini sedang berlangsung tahapan kampanye Pemilu 2024.

BACA JUGA:Satu Demi Satu, Tugu Perguruan Silat di Jember Mulai Dipindah Sendiri

"Jangan sampai permasalahan seperti ini menjadi membesar. Mari kita hentikan sampai disini dan saling berdamai. Kita semua bersaudara," tegas Kapolsek Fahrur Rozaq.

BACA JUGA:Berbuat Onar dan Rusak Rumah Warga, Belasan Pesilat Diamankan Polisi

Akhirnya, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai. Mereka berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang dapat menimbulkan konflik di kemudian hari.

Danramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Sutowo, mengapresiasi langkah cepat yang diambil oleh Kapolsek Ledokombo. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga suasana damai di wilayah Kecamatan Ledokombo.

BACA JUGA:Polres Jember Rumuskan Kesepakatan Bersama Ciptakan Perdamaian Antar Perguruan Silat

"Terima kasih kepada kapolsek dan anggotanya yang bergerak cepat menengahi permasalahan ini. Mari kita pelihara suasana damai dan sejuk di wilayah Kecamatan Ledokombo," kata Danramil Sutowo.

Sumber: