Timnas Indonesia Siap Hadapi Libya Nanti Malam

Timnas Indonesia Siap Hadapi Libya Nanti Malam

Pemain timnas saat menghadapi Libya pada Selasa 2 Januari 2024 lalu.--

MEMORANDUM - Menyambut laga kedua menghadapi Libya pada Jumat 5 Januari 2024, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), lebih serius menyambut laga ini. Sebab laga kedua ini terdaftar sebagai pertandingan FIFA matchday dan berpengaruh di poin rank FIFA.

STY mengatakan pada pertemuan pertama menghadapi Libya pada 2 Januari hanya menjadikan laga tersebut sebagai ajang untuk mengembalikan insting pertandingan kepada para pemainnya.

"Secara keseluruhan para pemain sedikit (kondisinya) masih berat, tetapi tetap kita latihan hari ini juga akan fokus untuk pertandingan melawan Libya," kata Shin Tae-yong.

Karena itu, kekalahan dengan skor telak 0-4 yang diterima Timnas Indonesia saat itu tidak berarti apa-apa untuk Shin Tae-yong. Namun, untuk partai malam nanti, Shin Tae-yong akan mulai menguji kekuatan utama Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk mengarungi Piala Asia 2023 Qatar.

BACA JUGA:Persiapan Piala Asia Qatar, Timnas Uji Coba Melawan Libya

"Dan pertandingan kemarin melawan Libya fokusnya bukan hasil pertandingan, tapi fokus ke insting pertandingan, fisik pemain, jadi hasil tidak terlalu penting. Tapi untuk lawan Libya akan fokus ke organisasi dan mungkin akan berusaha untuk menang," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong tidak menampik bahwa kekalahan telak dari Libya di pertemuan pertama membuat Timnas Indonesia menjadi sorotan. Sebab, laga perdana Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023 kontra Irak tinggal 10 hari lagi.

"Memang dibicarakan terus ya masalah pertandingan kemarin, padahal pertandingan itu tidak berarti apa-apa, hanya tes saja, tes fisik pemain dan juga sekalian meningkatkan fisik pemain juga, jadi kita gak bisa menyalahkan satu-satu (pemain) di pertandingan kemarin," tutur Shin Tae-yong.

Namun, kekalahan telak 0-4 itu menurut Shin Tae-yong bukan ukuran dari kekuatan Timnas Indonesia yang sebenarnya.(rid)

Sumber: