Sepanjang 2023, Ada 23 Peristiwa Bunuh Diri di Tulungagung

Sepanjang 2023, Ada 23 Peristiwa Bunuh Diri di Tulungagung

KasiHumas Polres Tulungagung Iptu Mujiatno.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Sepanjang tahun 2023, peristiwa bunuh diri di TULUNGAGUNG tercatat sebanyak 23 kasus. Jumlah itu hampir sama dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 22 kasus.

Namun yang membedakan adalah jumlah korban dalam peristiwa itu. Sebab dari 22 kasus di tahun 2022 terdapat 24 korban jiwa, karena ada kasus bunuh diri yang dilakukan bersama-sama keluarganya.

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung : Angka Kekerasan Melibatkan Oknum Perguruan Silat Turun Drastis

Kasihumas Polres Tulungagung Iptu Mujiatno mengatakan, pada 2023 ada 21 kasus bunuh diri yang korbannya dinyatakan tewas. Sedangkan 2 kasus bunuh diri lainnya korban masih bisa diselamatkan.

BACA JUGA:Masuki 2024, 84 Personel Polres Tulungagung Peroleh Kenaikan Pangkat Reguler dan Pengabdian

"Tahun 2023, satu kasus bunuh diri korbannya hanya satu. Kalau tahun 2022, satu kasus ada yang korbannya lebih dari dua orang. Kasus bunuh diri terbilang meningkat, karena meskipun itu percobaan dan korbannya selamat, masih terhitung kasus bunuh diri," terangnya, Rabu, 3 Januari 2024.

BACA JUGA:Polres Tulungagung Gelar Capaian Pengungkapan Kasus Sepanjang 2023

Iptu Mujiatno menyebut, sebagian besar penyebab peristiwa bunuh diri adalah kondisi pelaku yang depresi dalam menghadapi beban hidup yang dialaminya.

Termasuk masalah kondisi ekonomi, kemudian kondisi kesehatan, dan lain sebagainya. Lokasi paling banyak ditemukan kasus bunuh diri di Tulungagung adalah di Kecamatan Sendang.

BACA JUGA:Polres Tulungagung Bersama TNI Gelar Pengamanan Gereja Jelang Natal

Selain Kecamatan Sendang, masih ada kecamatan lain seperti 1 kejadian di Kecamatan Rejotangan, Gondang, Kalidawir, Campurdarat, Tulungagung (kota), Kauman, Ngunut, Besuki serta Pagerwojo.

Kemudian 2 kejadian bunuh diri di Kecamatan Ngantru, Bandung, Boyolangu, dan Kecamatan Pakel.

BACA JUGA:Libur Nataru, Kapolres Tulungagung Persilahkan Masyarakat Titip Motor di Kantor Polisi

"Untuk kasus percobaan bunuh diri itu ada di Kecamatan Rejotangan 1 TKP dan Kecamatan Boyolangu 1 TKP. Kedua korbannya berhasil diselamatkan sebelum sempat kehilangan nyawanya," ungkapnya.

Sumber: