Penipuan dan 3C Jadi Kasus Menonjol di Jatim

Penipuan dan 3C Jadi Kasus Menonjol di Jatim

Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto. -Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sepanjang 2023, ada 3 jenis kriminalitas yang paling banyak terjadi serta meresahkan masyarakat yang dilaporkan ke Polda Jatim. Ketiga jenis kriminalitas tersebut adalah penipuan, curat, dan curanmor

BACA JUGA:Polda Jatim Siapkan Pasukan Khusus Amankan 5 Wilayah Rawan di Pemilu 2024

Dari data anev akhir tahun Polda Jatim 2023, ada 2.505 laporan terkait penipuan yang pihaknya terima. Sebanyak 2.048 kasus telah selesai ditangani atau sekitar 81,75 persen. Angka tersebut turun bila dibandingkan dengan tahun 2022 yakni sebanyak 13.443 kasus. 

BACA JUGA:Penembakan Relawan Prabowo di Sampang, Kapolda Jatim: Senjata Kaliber 22 mm

Selanjutnya untuk kasus curat (pencurian dengan pemberatan) sebanyak 2.580 laporan dan 2.526 selesai diungkap atau 101,85 persen. Turun bila dibandingkan tahun 2022 yakni sebanyak 11.773 kasus. 

BACA JUGA:Gelar Jum'at Curhat, Wakapolda Jatim Salurkan Bansos untuk Warga Bungurasih

Sementara itu, untuk kasus curanmor (pencurian kendaraan bermotor) terdapat 2.974 kasus dan sebanyak 1.840 kasus telah selesai atau 61,86 persen. Kasus curanmor ini juga turun jika dibandingkan tahun 2022 yakni sebanyak 11.102 kasus. 

BACA JUGA:Restorasi Hutan Mangrove di TPI Romokalisari, Kapolda Jatim Tanam 18.300 Bibit

Di sisi lain, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto mengajak seluruh elemen masyarakat senantiasa berpartisipasi aktif untuk mendukung Polda Jatim dan jajaran, serta stakeholder terkait dalam memelihara situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah Jatim, agar tetap kondusif dan terbawa dengan baik.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto Pimpin Sertijab Dirpolairud

"Senantiasa meningkatkan kewaspadaan, terhadap segala bentuk kejahatan dan gangguan kamtibmas yang dimungkinkan terjadi di tahun 2024," kata Kapolda Jatim. 

Polda Jatim akan terus menggelar kegiatan rutin tiap hari Jumat pada program Jumat Curhat.

BACA JUGA:Polda Jatim Asistensi Penembakan di Banyuwates Sampang, Kabidhumas: Tak Ditemukan Muatan Politik

Hal ini kata Kapolda Jatim agar masyarakat dapat memberikan saran dan masukan yang membangun, yang konstruktif bagi Polda Jatim. 

Sumber: