Punya Peran Penting, Generasi Muda Surabaya Diminta Memilih dengan Cerdas dan Tidak Golput

Punya Peran Penting, Generasi Muda Surabaya Diminta Memilih dengan Cerdas dan Tidak Golput

Narasumber talkshow memberikan pemaparan di hadapan para generasi muda.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Para generasi muda Surabaya diajak untuk memilih dengan cerdas dan tidak golput dalam acara talkshow nasional bertajuk Ivote: My Voters Matters, 3 Menit Menentukan Wajah Baru Indonesia, di Aula Chandradimuka GKB Unair Kampus C, Kamis, 28 Desember 2023.

Dalam talkshow yang diinisiasi Omah Jaman Now (OJN) bekerja sama dengan BEM Unair ini menghadirkan narasumber Jaleswari Pramodhawardani dari Deputi V Kantor Staf Kepresidenan RI. Selain itu, juga ada dosen FISIP Unair Probo Darono Yakti dan Presiden BEM Unair Anang Jazuli.

BACA JUGA:Mahasiswa Sosiologi Unair Bahas Potret Indonesia Tahun 2045

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani mengungkapkan, generasi muda menjadi elemen penting dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang. 

"Saya rasa generasi muda selaku penerus memiliki peran penting dalam mewarnai perjalanan demokrasi di Indonesia. Karena itu, harus berpartisipasi dalam mempertahankan demokrasi dengan ikut mencoblos pada 14 Februari mendatang,” terang Jaleswari.

BACA JUGA:Tekan DBD dengan Menyebarkan Nyamuk Wolbachia, Guru Besar Unair Beri Tanggapan

Dia menerangkan, jumlah kaum muda sangat signifikan. Misalnya, gen Z di Indonesia ada sebanyak 46,8 juta jiwa. Kemudian gen Y ada sekitar 68 juta orang.

Berangkat dari sini, Jaleswari melihat kaum muda menjadi bagian penting dalam memilih pemimpin Indonesia lima tahun ke depan.

BACA JUGA:Unair Gelar Festival Halal, Menyinergikan Peluang dan Potensi Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas

"Tujuan dari pembicaraan atau diskusi hari ini bahwa mendialogkan betapa pentingnya para anak muda ini mewarnai perjalanan demokrasi di Indonesia pada lima tahun ke depan," kata dia. 

Sebagai Deputi V, Kantor Staf Kepresidenan, dia mengungkapkan bahwa kerja sama antarkementerian dan lembaga terus dilakukan. Tujuannya yakni, untuk memastikan pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar dan damai serta meningkatkan partisipasi pemilih muda.

BACA JUGA:Kejati Jatim dan Pascasarjana Unair Perkuat Kerjasama Pengembangan SDM

Untuk itu, dia juga terus memaparkan tentang demokrasi inklusi di kampus-kampus se-Indonesia.

"Semua orang perlu berpartisipasi dalam pemilu kali ini, karena nasib Indonesia ditentukan juga dengan partisipasi orang,” tandasnya.

Sumber: