Mengenal Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Mengenal Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Mengenal Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya--

SURABAYA, MEMORANDUM - Orang yang memiliki kulit sensitif sering kali merasakan keluhan pada kulit, seperti ruam, gatal, kering, beruntusan, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ternyata Air Hangat Mempunyai Manfaat untuk Perawatan Kulit Wajah

Perbedaan Alergi dengan Kulit Sensitif

Reaksi alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh menjadi aktif dan bereaksi berlebihan ketika tubuh terpapar debu, makanan, atau zat kimia tertentu. Reaksi alergi pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, terasa gatal, perih, atau bengkak.

Sementara itu, pada kulit sensitif, masalahnya bukan pada zat atau benda tertentu, melainkan seberapa banyak atau seberapa sering seseorang menggunakan suatu produk atau terpapar oleh zat tertentu.

Perbedaan lainnya antara kulit sensitif dan alergi terdapat pada waktu munculnya reaksi. Reaksi alergi dapat muncul sesaat setelah terpapar suatu zat atau bisa juga baru muncul beberapa waktu kemudian, sekitar 12-48 jam setelahnya. Sementara itu, pemilik kulit sensitif akan langsung merasakan keluhan pada kulit setelah terpapar faktor pemicu.

BACA JUGA:8 Tips Awet Muda yang Sederhana dan Efektif untuk Kesehatan Kulit Anda

Perawatan Tepat untuk Kulit Sensitif

1. Pilih produk yang ramah untuk kulit

Pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Gunakanlah produk khusus untuk kulit sensitif yang umumnya mengandung lebih sedikit bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya produk ini berlabel "hypoallergenic”.

2. Menjauhi bahan iritatif

Karena mudah mengalami reaksi, pemilik kulit sensitif perlu menghindari pemakaian produk yang mengandung bahan iritatif, seperti antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid.

3. Sering memakai pelembap

Kulit sensitif rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah kulit kering, oleskan pelembap setelah mandi secara rutin. Umumnya, pelembap yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, ceramide, dimethicone, atau gliserin aman untuk kulit sensitif.

Sumber: