Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas Lengkap beserta Artinya

Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas Lengkap beserta Artinya

Doa agar terhindar dari rasa malas adalah amalan sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Amalan ini bisa membantu meningkatkan produktivitas dan semangat untuk melakukan berbagai aktivitas.-Unsplash-

MEMORANDUM - Setiap orang pasti pernah merasakan malas. Sifat malas dapat menghambat seseorang untuk mencapai tujuannya.

Rasa malas dapat membuat seseorang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas, baik aktivitas yang penting maupun tidak penting.

Dalam Islam, malas merupakan salah satu sifat yang tercela. Rasulullah SAW bersabda,

"Kelak dibangkitkan dari umatku suatu kaum yang malas, lemah, dan penakut." (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus berusaha untuk terhindar dari rasa malas. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca doa agar terhindar dari rasa malas.

 

BACA JUGA:Kumpulan Doa Sehari-hari yang Bisa Diamalkan, Agar Allah SWT Mudahkan dalam Setiap Aktivitas


Doa agar terhindar dari rasa malas

Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan untuk terhindar dari rasa malas. Salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah, malas, pengecut, pikun, dan kikir. Aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan fitnah kehidupan dan kematian." (HR Abu Dawud)

Doa ini bisa kita baca kapan saja, baik di pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Kita juga bisa membacanya setelah sholat fardhu atau sholat sunnah.

Selain berdoa, kita juga bisa melakukan hal-hal berikut untuk terhindar dari rasa malas:

• Buatlah target dan rencana yang jelas. Dengan memiliki target dan rencana yang jelas, kita akan lebih termotivasi untuk mencapainya.

• Bagikan tugas yang besar menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah. Dengan membagi tugas menjadi tugas-tugas kecil, kita akan merasa lebih ringan dan tidak terbebani.

• Carilah lingkungan yang positif. Lingkungan yang positif dapat mendorong kita untuk menjadi lebih produktif.

• Luangkan waktu untuk beristirahat. Beristirahat yang cukup akan membuat kita lebih berenergi dan tidak mudah lelah.

Dengan mengamalkan doa dan melakukan hal-hal di atas, kita bisa terhindar dari rasa malas dan menjadi pribadi yang lebih produktif. (*)

Sumber: