Patroli Dialogis OMB Polres Bangkalan Gencar Sosialisasi Pemilu Damai

Patroli Dialogis OMB Polres Bangkalan Gencar Sosialisasi Pemilu Damai

Tim satgas petrol OMB Semeru Polres saat berdialog dengan warga di tengah keramaian Kota Bangkalan-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Tiada hari tanpa turun ke lapangan. Begitulah semangat kerja Tim patroli dialogis Operasi Mantab Brata (OMB) Semeru Polres Bangkalan. Mereka  semakin aktif menggelorakan ajakan agar masyarakat tetap rukun dan kompak bersatu jelang Pemilu 2024 yang sudah di ambang pintu.

“Sambangi dan sapa masyarakat. Ajak mereka untuk bersama kawal terlaksananya  Pemilu yang damai. Tertib, lancar, aman dan demokratis. Tanpa ternoda oleh kericuhan ,” pesan Kapolres AKBP Febri Isman Jaya, kepada tim satgas OMB Semeru Polres Bangkalan.

Amanah simpatik inipun ditindak lanjuti dengan sigap.  Di bawah koordinasi Ipda Rachmad Sujono, giat patroli tim satgas OMB Polres kembali nyambangi lembaga penyelenggaran Pemilu, yakni Kantor KPU di Jalan KRE Martadinata dan Kantor KPU di Jalan Pemuda Kaffa, Selasa 26 Desember 2023.

Gudang logistik penyimpanan surat dan kotak suara serta perangkat peralatan lainnya, juga disambangi dan diawasi ketat.” Setelah tiga obvid (obyek vital-Red) itu kami pastikan aman, barulah kami turun ke jalanan,” jelas Ipda Rahmad.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Patroli Gabungan Pantau Wilayah

Seperti hari-hari sebelumnya, tim satgas OMB Semeru Polres, fokus menyisir semua ruas jalan protokol padat keramaian di kawasan jantung Kota Bangkalan dan sekitarnya.

Mereka menyisir sepanjang Jalan kembar Soekarno-Hatta, KH Moh Kholil, Panglima Sudirman, Trunojoyo, Pemuda Kaffa, Jokotole, Mayjen Sungkono, A Yani dan jalan Sultan Abdul Kadirun yang bersisian dengan Mesjig Agung dan alun-alun Kota Bangkalan.

“Semua lokasi titik pantau utama ini tergolong  kawasan paling padat keramaian,” tandas Ipda Rahmad. Jadi merupakan area yang strategis untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Ini logis dan wajar. Sebab semua kawasan ini, selain dipadati oleh pusat perbelanjaan seperti toko perhiasan emas, toko swalayan, mini market, restoran, rumah makan dan café,  juga dijejeli deretan obvid lainnya.

BACA JUGA:Patroli Dialogis Tim OMB Polres Bangkalan Ajak Warga Kawal Pemilu Damai

Diantaranya, semua lembaga perbankan bercokol di kawasan ini. Termasuk lembaga pendidikan tingkat SD,SMP,SMA,SMK dan Perguruan Tinggi, bahkan kompleks perkantoran Pemkab, juga mewarnai kawasan ini.

Dalam aplikasinya, tim patroli OMB Polres rajin menerapkan tugas secara dialogis dengan warga. Baik dialog faces to face antar individu, mamupun dialog dengan kerumunan warga di lokasi padat keramaian.

Sesuai amanah tugas, dialog singkat dengan warga harus dilakukan secara preemtif dan humanis. Intinya, anggota penyerukan ajakan agar semua warga tetap rukun bersatu. Jangan terpecah belah.

Soal beda pilihan, adalah hak masing-masing individu. Itu dilindungi oleh undang-udang.  Yang penting, rakyat harus tetap guyub dan rukun bersatu. Bersama menciptakan Pemilu yang damai. “ Tertib, lancar, aman dan demokratis,” pungkas Ipda Rahmad.(ras)

Sumber: