Kapolres Lamongan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023

Kapolres Lamongan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023

Polres Lamongan menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 --

LAMONGAN, MEMORANDUM - Polres Lamongan menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Lamongan.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati Lamongan Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA dan digelar di Alun alun Lamongan pada Kamis pagi, 21 Desember 2023 diikuti oleh Forkopimda, para Pejabat Utama Polres Lamongan, dan Kapolsek jajaran serta personil yang terseprin dalam Ops Lilin Semeru.

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2023 diselenggarakan untuk mengecek kesiapan anggota personel untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2024, acara di awali dengan Penyematan Pita kepada para personil yang ter sprin dalam Operasi tersebut.

Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) mengatakan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

BACA JUGA:Humas Polres Lamongan Sosialisasi Bijak Bermedsos dan Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024

Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai. Tentunya SKB ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan.

Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk, dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman.

Selain itu, ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya.

BACA JUGA:Polres Lamongan Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75

Kepada seluruh personel, Bapak Kapolri juga berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

Dalam arahannya, Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, S.I.K., M.Si juga meminta partisipasi serta dukungan dari masyarakat untuk menjaga ketertiban selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Diharapkan operasi kepolisian terpusat Lilin Semeru 2023 dapat berjalan dengan lancar dan efektif dalam memastikan keamanan serta ketertiban selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Lamongan,” tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengecekan kendaraan oleh Kapolres beserta Forkopimda Kabupaten Lamongan dan Pemusnahan Barang Bukti Hasil Operasi Cipta Kondisi menjelang Operasi Lilin Semeru 2023.(hms)

Sumber: