Mata Berair Terus? Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Mata Berair Terus? Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

-Ilustrasi-

Penyumbatan saluran air mata dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, mulai dari kelainan bawaan, pertambahan usia, cedera, infeksi atau peradangan pada saluran air mata, hingga tumor hidung.

 

Cara Mengatasi Mata Berair Terus

Mata berair terus sebenarnya bisa membaik dan menghilang dengan sendirinya. Namun, keluhan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata dan mengganggu penglihatan. Oleh sebab itu, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhannya, antara lain:

 

Mencuci mata

Saat mata terkena iritasi atau alergi, Anda bisa membersihkan mata dengan menggunakan obat tetes berisi air mata buatan. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan mata dengan campuran air hangat dan sampo bayi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membantu melancarkan aliran air mata.

 

Penggunaan obat tetes mata

Pada kebanyakan kasus, pemberian obat tetes mata dinilai membantu agar mata berair terus dapat teratasi dengan cepat. Namun, karena obat tetes mata memiliki kandungan yang berbeda-beda, pemberiannya harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya mata berair terus.

Bila mata berair terus disebabkan oleh alergi dan iritasi, penggunaan obat tetes mata antihistamin bisa dilakukan untuk meredakan keluhan. Sementara itu, obat tetes mata atau salep mata antibiotik dapat diberikan jika mata berair terus disebabkan oleh infeksi bakteri.

Pemberian obat tetes mata juga bisa dilakukan jika mata berair terus terjadi akibat bulu mata tumbuh ke dalam. Hal ini bertujuan agar gesekan bulu mata pada permukaan mata tidak terlalu parah. Setelah itu, dokter akan mencabut bulu mata yang masuk ke dalam mata untuk mengatasi keluhan mata berair.

 

Operasi

Metode ini umumnya perlu dilakukan untuk mengatasi mata berair terus yang disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata, misalnya karena kelainan bawaan lahir atau tumor di hidung.

Sumber: