5 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk Kesehatan

manfaat timun--

SURABAYA, MEMORANDUM - Timun rebus menawarkan banyak manfaat berkat kandungan vitamin dan mineralnya. Khasiatnya termasuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, menyediakan antioksidan, hingga membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Segar dan Menyegarkan: Manfaat Luar Biasa dari Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk Kesehatan

1. Menghidrasi tubuh

Studi berjudul Contribution of water from food and fluids to total water intake: Analysis of a French and UK population surveys yang terbit pada Nutrients menemukan, mentimun terdiri dari 96% air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Mengandung tinggi antioksidan

Timun rebus mengandung antioksidan, yaitu molekul yang berfungsi untuk menghambat atau mencegah oksidasi, suatu reaksi kimia yang membentuk radikal bebas. 

Antioksidan bekerja dengan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang dikaitkan dengan berbagai penyakit dan penuaan dini. 

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah banyaknya asupan garam (natrium) dan terlalu sedikit potasium. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, sehingga meningkatkan tekanan darah. 

Timun rebus merupakan sumber potasium yang efektif membantu menurunkan tekanan darah. Asupan tersebut bekerja dengan cara mengimbangi efek natrium dalam tubuh.

BACA JUGA:Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh.

BACA JUGA:Pembangunan Rumah Katimun Mencapai 45 Persen

4. Mendukung kesehatan kulit

Sumber: