Stop! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kuku

Stop! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kuku

6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kuku-Unsplash-

MEMORANDUM - Sebagai bentuk mencintai diri sendiri, merawat anggota tubuh sekecil apapun adalah keharusan. Tak terkecuali kuku.

kuku yang sehat dan terawat akan membuat tangan terlihat lebih rapi dan menarik. Selain itu, kuku yang sehat juga dapat melindungi jari dari berbagai macam bahaya. Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kuku.

Berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang dapat merusak kuku:

1. Menggigit kuku
Menggigit kuku merupakan kebiasaan yang umum dilakukan oleh banyak orang, terutama anak-anak dan remaja. Kebiasaan ini dapat merusak kuku secara signifikan, mulai dari membuat kuku menjadi rapuh, mudah patah, hingga menyebabkan infeksi.

Ketika menggigit kuku, Anda akan menggunakan gigi untuk menggigit bagian ujung kuku yang sudah rapuh atau terkelupas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kuku yang terluar, yaitu kutikula. Kutikula berfungsi untuk melindungi kuku dari bakteri dan jamur. Kerusakan pada kutikula akan membuat kuku lebih rentan terhadap infeksi.

BACA JUGA:Bukan Cuma Dipotong, Intip 8 Tips Rahasia Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik!


2. Mengikir kuku terlalu sering atau kasar
Mengikir kuku merupakan salah satu cara untuk menjaga kuku agar tetap rapi. Namun, jika dilakukan terlalu sering atau kasar, mengikir kuku dapat merusak kuku.

Ketika mengikir kuku, Anda harus menggunakan kikir kuku yang berkualitas baik dan memiliki ukuran yang sesuai dengan kuku Anda. Selain itu, Anda juga harus mengikir kuku dengan gerakan yang lembut dan mengikuti arah pertumbuhan kuku. Mengikir kuku dengan gerakan yang kasar dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

3. Mencuci piring tanpa sarung tangan
Air panas dan sabun dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sarung tangan saat mencuci piring atau melakukan aktivitas lain yang melibatkan penggunaan air panas dan sabun.

Sarung tangan akan melindungi kuku dari paparan air panas dan sabun. Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu Anda untuk menghindari kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kuku.

4. Menggunakan cat kuku atau aseton secara berlebihan
Cat kuku dan aseton dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan cat kuku dan aseton secukupnya.

Jika Anda ingin menggunakan cat kuku, pilihlah cat kuku yang mengandung pelembap. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan aseton yang lembut untuk menghapus cat kuku.

BACA JUGA:8 Tips Merawat Rambut Berwarna agar Tetap Sehat dan Berkilau

BACA JUGA:5 Gaya Rambut Berwarna yang Dapat Membuat Penampilan Anda Lebih Menarik

5. Merokok
Siapa sangka, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan jaringan tubuh, termasuk kuku. Kuku perokok biasanya berwarna pucat, rapuh, dan mudah patah.

Merokok dapat mengurangi aliran darah ke kuku, sehingga kuku tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, asap rokok juga dapat merusak keratin, yaitu protein yang menyusun kuku.

 

BACA JUGA:Segar dan Menyegarkan: Manfaat Luar Biasa dari Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan

BACA JUGA:Kecantikan dari Dalam: Rahasia Menjaga Kesehatan Mental

 

 

6. Membiarkan kuku terlalu panjang
Kuku yang terlalu panjang lebih rentan terhadap kerusakan dan mudah patah. Selain itu, kuku yang terlalu panjang juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Dengan menghindari kebiasaan buruk dan memelihara kuku dengan baik, Anda dapat menjaga kuku tetap sehat dan terawat. (*)

Sumber: