Pemkot Keluarkan SE Keamanan Gereja Jelang Natal

Pemkot Keluarkan SE Keamanan Gereja Jelang Natal

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forkopimda ketika mengecek pengamanan gereja saat Natal tahun lalu.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Pemerintah Kota Surabaya bakal mengeluarkan surat edaran (SE) terkait keamanan gereja menjelang hari natal.  "Kita InsyaAllah mengeluarkan surat edaran bagaimana pelaksanaan pelaksanaan keamanan di gereja gereja,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Apalagi diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bakal menghadiri penyelenggaran Natal  Nasional di Gereja Bethany Nginden pada 27 Desember 2023 mendatang.

“InsyaAllah hadir, karena beliau (Jokowi) yang membuka acara Natal Nasional di Surabaya,” jelasnya.

BACA JUGA:Pengeroyokan di Depan Gereja Gloria Surabaya, Dua Pemuda Diamankan Polsek Genteng

Eri mengatakan nantinya pengamanan khusus Gereja Bethany akan diamankan lebih ketat, sementara gereja lain memakai mekanisme sama seperti tahun tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Tak kalah Seru, Semarakkan Natal dengan 6 Kegiatan Menyenangkan Di Rumah

“Ya pasti. Kalau keamanan kita jalan seperti biasa. Cuma, kalau presiden datang kan keamanan di Gereja Bethany yang pasti akan ada protapnya dari paspampres, bagaimana keamanan di Bethany. Tapi yang gereja lainnya secara umum Natal kita juga akan lakukan seperti tahun-tahun sebelumnya, bagaimana kita akan terus bergerak bersama,” ujarnya.

Terkait lancarnya amannya acara, Pemkot Surabaya memastikan dan sudah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) soal pengamanan gereja yang ada di Surabaya.

Sebagai tuan rumah Natal Nasional, Eri menjelaskan pihaknya akan melakukan pengecekan dan pengetatan akan dilakukan sebelum Hari Raya Natal. 

“Kami juga akan mengecek di tanggal tanggal sebelum Hari Raya Natal, karena saya berharap perayaan Natal di Kota Surabaya, bisa berjalan dengan baik, lancar, aman karena Surabaya ini adalah kota toleransi. Apalagi di tahun ini, perayaan Natal Nasional  akan dipusatkan di Kota Surabaya, di Gereja Bethany. Semoga semuanya diberikan kelancaran dan keamanan,” pungkasnya. (alf)

Sumber: