Bungkam Barcelona 4-2, Girona Geser Real Madrid di Puncak Klasmen

Bungkam Barcelona 4-2, Girona Geser Real Madrid di Puncak Klasmen

Para pemain Girona merayakan gol ke gawang Barcelona. --

MEMORANDUM - Girona berhasil membungkap tuan rumah Barcelona dengan skor cukup telak 4-2 dalam lanjutan La Liga pekan ke-16 2023/2024, Senin 11 Desember 2023 pukul 03:00 dini hari. 

Bermain di stadion Olimpic Lluis Companys, Barcelona mengusung kemenangan demi bisa bersaing dalam perebutan gelar juara. Sementara tamunya Girona juga mengincar kemenangan demi bisa menggeser Real Madrid di puncak klasmen yang sebelumnya bermain imbang 1-1 menghadapi Real Betis. 

Girona berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 melalui serangan balik. Menerima umpan terobosan dari lini pertahanan, Victor Tsygankov yang lepas dari jebakan offside berhasil menguasai bola hingga kotak 16. Melihat Artem Dovbyk kosong didepan gawang, Victor memberi umpan matang mendatar dan dengan mudah menaklukkan kiper Inaki Pena. 

Tersentak, Barcelona berusaha menyamakan kedudukan. Hasilnya striker asal Polandia Robert Lewandowski berhasil menyamakan kedudukan menit ke-19. Melalui sepak pojok, Rapinha memberikan umpan ketengah gawang yang mampu dimanfaatkan lewat sundulan sekaligus membuat kedudukan imbang 1-1.

BACA JUGA:Barcelona Ditekuk Eintracht Frankfurt di Kandang

Tim asuhan Xavi semakin meningkatkan penyerangan dan mengurung pertahanan Girona. Meskipun menguasai bola tapi Barcelona sulit menembus pertahanan kokoh Girona. 

Girona akhirnya bisa kembali unggul lewat Miguel Gutierrez pada menit ke-40. Gutierrez yang mendapat umpan Ivan Martin dibiarkan saja memasuki kotak 16 tanpa pengawalan. Mendapatkan ruang tembak, dengan tendangan keras kaki kirinya berhasil menghujam deras digawang Barcelona. Skor berubah 2-1. 

Di babak kedua Barcelona berusahan keras menyamakan kedudukan. Banyak peluang yang tercipta namun masih belum membuahkan hasil. Sementara Girona sesekali mengancam melalui serangan balik yang berbahaya. 

Pada menit ke-80 Girona berhasil menjauh, Valery Fernandez berhasil mencatatkan namanya di papan skor dan merubah sjor menjadi 3-1.

BACA JUGA:Tekuk Madrid, Barcelona Menangi Duel El Clasico

Pada masa injury time 90+2, Barcelona berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 melalui Ikay Gundogan dan menjaga asa untuk bisa memaksakan pertandingan menjadi imbang. 

Tiga menit berselang, Christian Stuani akhirnya memastikan Girona membawa pulang 3 poin di kandang Barcelona dan memastikan timnya berhasil mengeser Real Madrid di puncak klasemen sementara La Liga. 

Dengan kemenangan ini membuat Girona berhasil mengumpulkan 41 poin dan unggul 2 poin atas Real Madrid di posisi kedua dengan 39 poin. Sementara itu Barcelona masih bertahan di posisi 4 dengan 34 poin. (rid)

Sumber: