RSUD dr Iskak Tulungagung Raih Bintang 5 Top Digital Awards 2023

RSUD dr Iskak Tulungagung Raih Bintang 5 Top Digital Awards 2023

dr Kasil Rokhmad (tengah) bersama Direksi dan staf RSUD dr Iskak.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Prestasi membanggakan kembali diraih RSUD dr Iskak TULUNGAGUNG. Di penghujung 2023 ini, rumah sakit kebanggaan masyarakat TULUNGAGUNG itu mendapatkan tiga penghargaan sekaligus.

Yaitu TOP DIGITAL Implementation 2023 Bintang 5, dan TOP Leader on Digital Implementation 2023, yang diterima Plt Direktur RSUD Iskak TULUNGAGUNG Kasil Rokhmad. Serta TOP CIO on Digital Implementation 2023 kepada Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Iskak, Zuhrotul Aini.

Dalam hal ini, RSUD dr Iskak TULUNGAGUNG dinilai berhasil melakukan transformasi digital.

Yaitu berhasil meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Kemudian, RSUD dr Iskak yang merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kabupaten TULUNGAGUNG, berkomitmen menjadi rumah sakit rujukan dan pendidikan yang handal dan terjangkau dalam pelayanan.

BACA JUGA:Masuk Usia 106 th, RSUD dr Iskak Siapkan Transformasi Digital

Diantara misi RSUD dr Iskak adalah meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan, serta menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang bermutu di bidang kesehatan dan kedokteran. Untuk mencapai misi tersebut, banyak hal yang telah dilakukan, yaitu transformasi digital.

“Kita terus berusaha mengembangkan dan mengintegrasikan sistem layanan kesehatan rumah sakit,” ujar dr Zuhrotul Aini, Sp.A., M.Kes, saat mengikuti penjurian TOP Digital Awards 2023 secara online oleh Majalah It Works, Kamis, 9 November 2023.

Berikut adalah beberapa transformasi digital RSUD dr Iskak Tulungagung dalam meningkatkan layanan masyarakat; Pertama PSC-119 Kabupaten Tulungagung. Aplikasi ini mampu mempercepat respon time penanganan permintaan bantuan gawat darurat dan telah terintegrasi dengan Polres, Kodim, BPBD, Damkar, POL PP.

Selanjutnya SIMRS RSUD dr Iskak. Salah satu manfaat dari aplikasi ini yaitu pengelolaan dan pengolahan data rekam medis pasien yang terintegrasi serta terukur untuk kontrol pelayanan pasien dan pengambilan keputusan secara efektif.

BACA JUGA:Pisah Kenang Direktur RSUD dr Iskak, Kini Jabat Direktur RSUPN dr Cipto Mangunkusumo

Berikutnya Emergency Button (mobile apps). Yaitu Mobile app untuk permintaan bantuan kegawatdaruratan.

Kemudian Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMANSET). Aplikasi ini memudahkan pengelolaan asset rumah sakit, perbaikan asset dan monitoring progress perbaikan, koordinasi pelayanan, kalibrasi alat medis/non medis.

Selain itu, RSUD dr Iskak juga menerapkan regulasi dan standar tata kelola IT ke dalam regulasi, panduan, kebijakan, SOP dan prosedur teknis lainnya.

“Kami terus berupaya meningkatkan awareness pegawai, pasien, Pemasok akan bahaya dan risiko cyber. Indentifikasi aktivitas-aktivitas yang berisiko kebocoran data, kontrol media social dan aktivitas siber yang lainnya,” pungkas dr Zuhrotul Aini.

BACA JUGA:Terus Berprestasi, Direktur RSUD dr Iskak Ditawari Pimpin RSUPN dr Cipto Mangunkusumo

Untuk diketahui, IT Security Awareness makin tinggi sejalan dengan tema yang diangkat pada penyelenggaran event TOP Digital Awards 2023. Yakni IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services.

Peraih penghargaan telah mampu membuktikan bahwa inovasi, kreatifitas dan terobosan digital yang dilakukan berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

TOP DIGITAL Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia. Ini diselenggarakan oleh majalah ItWorks, dan selaras dengan arah kebijakan Presiden RI. Yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya.(mad)

Sumber: