Ini Bahayanya Jika Bayi Sering Dicium Orang Lain

Ini Bahayanya Jika Bayi Sering Dicium Orang Lain

cium bayi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Berbeda dengan orang dewasa, bayi memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Hal ini membuat tubuh bayi rentan terinfeksi kuman dan virus yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Siapa yang tidak gemas melihat bayi mungil dan lucu. Karena ingin menunjukkan rasa sayang, banyak orang yang senang memeluk dan mencium bayi. 

Meski begitu, hal ini sebaiknya tidak baik dilakukan. Ada beberapa bahaya yang bisa terjadi jika bayi sering dicium oleh orang lain.

BACA JUGA:Demam pada Bayi? Tenang, Ini Cara Ampuh Mengatasinya

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Musik Membantu Perkembangan Otak Bayi

Ini Bahayanya bila Bayi Sering Dicium

1. Herpes simpleks

Bahaya yang bisa menimpa bayi jika sering dicium oleh orang lain adalah tertular penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1).

2. Kissing disease (mononukleosis)

Bayi yang sering dicium bisa terkena penyakit yang disebut mononukleosis. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr yang bisa terdapat pada liur. Selain lewat mencium, bayi bisa tertular penyakit ini ketika menghirup percikan air liur saat penderita bersin atau batuk.

3. Sariawan karena infeksi jamur Candida (thrush)

Jamur Candida adalah mikroorganisme normal yang menumpang hidup di dalam mulut, kulit, dan saluran pencernaan setiap orang dewasa. Saat seseorang mencium bayi, maka jamur ini bisa berpindah ke dalam mulut bayi. Jika hal ini terjadi, bayi menjadi rentan mengalami sariawan mulut akibat infeksi jamur Candida.

BACA JUGA:8 Tips Mencegah Baby Blues, Pedoman Bahagia untuk Ibu dan Bayi

BACA JUGA:10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Bayi, Orang Tua Wajib Tahu!

Sumber: