Dinas Kominfo Kota Malang Gelar Cerdas Cermat Bijak TIK, Ini Harapannya

Dinas Kominfo Kota Malang Gelar Cerdas Cermat Bijak TIK, Ini Harapannya

Penyerahan apresiasi pada tim peraih prestasi terbaik.--

MALANG, MEMORANDUM - Memupuk sikap bijak di era teknologi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang menggelar event ‘Lomba Cerdas Cermat Bijak TIK’ (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang diikuti pelajar SMP se Kota Malang.

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto SSos mengapresiasi antusias peserta dan pihak sekolah dalam mengikuti lomba cerdas cermat yang diharapkan mampu membangun dan menguatkan jati diri pelajar sejak dini.

“Saat ini kemajuan teknologi dan informasi menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk membangun interaksi sosial. Pelajaran berharga dari event ini kita diingatkan bahwa kita mahkluk sosial, kita bukan pribadi-pribadi yang berdiri sendiri,” katanya.

Melalui cerdas cermat, sejak dini para siswa diajari untuk melakukan kerja tim dan bekerjasama serta saling menguatkan untuk meraih prestasi terbaik sehingga mereka akan mampu menghadapi era mendatang dengan bijak.

BACA JUGA:Forum Tiga Pilar, Pj Wali Kota Malang Ajak Jaga Stabilitas

“Lomba ini diadakan dalam rangka membangun sebuah kemampuan generasi muda dalam menangkap dan menyerap teknologi dengan aspek nilai-nilai moral, sehingga mereka dapat bijak dalam menggunakan teknologi,” harap Wiwid, sapaan akrab Kepala Dinas Kominfo Kota Malang ini.

Lembaga sekolah menurutnya sudah dipastikan berupaya keras untuk melahirkan generasi yang pintar dan smart. Namun, era sekarang dan mendatang juga diperlukan generasi yang tidak sekedar pandai dan memiliki kemampuan namun juga diharapkan memiliki sikap bijak dalam menjalani kehidupan.

“Kita akan menyongsong Indonesia Emas 2045 dan ini ditandai oleh generasi yang mumpuni, tidak sekedar cerdas secara intelektual tapi juga cerdas secara emosional,” terangnya.

Wiwid mengharapkan event ini berdampak positif di kalangan pelajar dalam menggunakan gadget sehingga gadget yang dimiliki lebih banyak dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar. Selaian itu, juga mendorong agar mereka lebih bijak dalam bermedia sosial.

Disebutkan, kegiatan ini melibatakan sejumlah 116 SMP negeri dan swasta, setelah diseleksi akhirnya mengerucut 30 tim yang berkompetisi. Babak final, 5 tim menunjukkan kepiawaiannya dihadapan dewan juri yang memberikan penilaian secara langsung.

BACA JUGA:Kenaikan Tarif Bus Non Ekonomi di Malang Belum Diketahui Masyarakat

Hasilnya, juara pertama tim SMPN 5, juara kedua SMP Aisyiah Muhammadiyah 3, juara ketiga SMP Al Ya'lu, harapan pertama SMP Islam Sabilillah dan harapan kedua SMPN 17. Sedangkan, kategori supporter terbaik adalah SMPN 20 dan SMPN 11.

Untuk kategori kostum terbaik yaitu SMPN 5 dan SMPN 4, sedangkan video konsep terbaik diraih SMP Muhammadiyah 1 serta tim kreativitas terbaik adalah SMPN 10.

Dalam lomba ini Dinas Kominfo Kota Malang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang. Adapun dewan juri adalah Abyz Wigati (konselor anak), Lutfi Awan Amin (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang), M Zialfikar Albaba (perwakilan komunitas startup).

Sumber: