49 Pamen dan Pati Dimutasi, Ini Nama dan Jabatan Terbaru

49 Pamen dan Pati Dimutasi, Ini Nama dan Jabatan Terbaru

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto -Istimewa-

JAKARTA, MEMORANNDUM – Dilantiknya Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu, 29 November 2023, membuat jabatan Pangkostrad kosong.

Untuk mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan maka Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi, rotasi, dan promosi sejumlah perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI. 

BACA JUGA:Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 60 Perwira Tinggi, Ini Daftarnya

Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, total ada 49 pamen dan pati TNI yang terkena mutasi pada akhir November 2023. 

BACA JUGA:Ini Daftar Lengkap Mutasi dan Rotasi 105 Perwira Tinggi TNI

"Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa jabatan lama Kaskostrad, jabatan baru Pangkostrad," bunyi kalimat dalam SK mutasi TNI terbaru dikutip, Rabu, 29 November 2023. 

Sebagai pengganti Muhammad Saleh Mustafa, Panglima TNI menunjuk Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf menjadi Kaskostrad. 

BACA JUGA:Panglima TNI Lakukan Rotasi dan Mutasi Jabatan Pati TNI, Ini Daftar Lengkapnya

Sedangkan, untuk Pangdam V/Brawijaya yang ditinggalkan Mayjen TNI Farid Makruf diisi Danpaspampres Mayjen TNI Rafael Granad Baay. Posisi Danpampres diisi Mayjen TNI Achiruddin

Berikut ini 49 pamen dan pati TNI yang dimutasi: 

1. Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, dari Kaskostrad menjadi Pangkostrad 

2. Mayjen TNI Farid Makruf, dari Pangdam V/Brawijaya menjadi Kaskostrad 

3. Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dari Danpaspampres menjadi Pangdam V/Brawijaya 

4. Brigjen TNI Achiruddin, dari Wadanjen Kopassus menjadi Danpaspampres 

Sumber: