Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, TPS Tanam Pohon Ke-1.000

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, TPS Tanam Pohon Ke-1.000

Jajaran direksi dan manajemen TPS berfoto bersama seusai penanaman pohon.-Muchlis Darmawan-

BACA JUGA:Wujudkan Gerakan Antikorupsi, TPS gandeng Kejaksaan

Aksi penanaman 1.000 pohon ini merupakan bagian dari upaya partisipasi TPS dalam mengurangi dampak pemanasan global yang secara tidak langsung memberikan sumbangsih bagi masyarakat, dan telah dimulai sejak bulan Agustus 2022 dan saat ini sudah tertanam 988 bibit pohon. 

BACA JUGA:Antisipasi Operasional TPS Jelang Lebaran

Sehingga penanaman kali ini berhasil menambah jumlah pohon yang ditanam di TPS menjadi 1188 pohon, melampaui target 1.000 pohon di tahun 2023 ini.

“Menanam mudah, tetapi yang sulit adalah merawatnya, mari kita komit agar program ini tetap sustain”, pesan Wahyu kepada para pekerja TPS.

BACA JUGA:Kartini TPS Bagikan Sembako untuk Ojol Perempuan

Selain mempunyai program kerja penanaman 1.000 pohon, TPS juga melakukan penyempurnaan Ruang Terbuka Hijau atau RTH di sekitar area TPS.

Sampai saat ini RTH sendiri telah mencapai luas 130,410 m2 di area TPS atau 21,4 persen dari luasan Terminal secara keseluruhan yakni seluas 610.000 m2, sehingga telah memenuhi Matriks Evaluasi Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) Pelabuhan Tanjung Perak pada 2023 yang mewajibkan adanya RTH sebesar 10 persen dari luasan terminal.

Beberapa titik RTH di TPS di antaranya Area X-Ray hingga Blok UV, Gate Ekspor hingga X-Ray, Taman Gudang Persediaan, Taman SS IV, Kebun dan Taman Sono, Taman Tanjung Mutiara, Taman Gate Impor, Taman EA Impor, Taman Bundaran Tol, dan Area Mangrove. (*)

Sumber: