Plengsengan Kali Jompo Ambrol, Warga Khawatir Banjir Susulan

Plengsengan Kali Jompo Ambrol, Warga Khawatir Banjir Susulan

Mat Rukin, Ketua RW/12 Lingkungan Kauman tunjukan lokasi ambrol-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Hujan mulai melanda wilayah JEMBER dan sekitarnya. Hujan yang mengguyur wilayah tersebut pada Minggu 26 November 2023 sore menyebabkan plengsengan Kali Jompo di Lingkungan Kauman, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates ambrol.

plengsengan yang ambrol tersebut memiliki panjang sekitar 15 meter dan tinggi sekitar 5 meter. Lokasi ambrolnya plengsengan berada di belakang Masjid Al Baitul Amin.

Safi'i, warga setempat yang rumahnya berada di bawah plengsengan, mengatakan bahwa plengsengan tersebut terakhir dibangun pada tahun 2015. Ia pun merasa khawatir akan terjadinya banjir susulan mengingat musim hujan sudah mulai turun.

BACA JUGA:Relawan PMI Jember Bantu Bersihkan Kediaman Bupati yang Terdampak Luapan Kali Jompo

"Saya khawatir terjadi banjir susulan, rumah bagian dapur ikut ambrol" kata Safi'i. "Plengsengan ini kan sudah lama retak-retak, meski baru dibangun pada tahun 2015, " ungkap Safi'i, Selasa 28 November 2023.

Sementara itu, Mat Rukin, Ketua RW/12 Lingkungan Kauman, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, berharap agar pemerintah kabupaten Jember segera melakukan aksi pembenahan (pembangunan) plengsengan tersebut.

"Kami berharap agar pemerintah segera memperbaiki plengsengan ini," kata Mat Rukin. "Sewaktu-waktu hujan turun lebat aliran deras dari atas meluap dan banjir seperti tahun 2020-2022 bisa membahayakan penghuninya." terangnya.

BACA JUGA:9 Pencari Rongsokan Tertangkap Basah Curi Besi di Kolong Kali Jompo

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pemerintah kabupaten Jember terkait rencana pembangunan ulang plengsengan tersebut.(edy)

Sumber: