Truk Tangki Rem Blong Sasak Motor dan Warung di Pasuruan, Dua Tewas

Truk Tangki Rem Blong Sasak Motor dan Warung di Pasuruan, Dua Tewas

Kondisi bagian depan truk yang ringsek usai menyasak motor dan menabrak warung milik warga di Pandaan Kabupaten Pasuruan-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Diduga rem blong, sebuah truk tangki bermuatan air bersih menabrak warung dan motor di Kecamatan Pandaan Kabupaten PASURUAN. Dalam peristiwa tersebut, dua orang dinyatakan meregang nyawa.

Kecelakaan maut itu diketahui terjadi pada Sabtu 25 November 2023 dini hari pukul 02.00 WIB. Saat itu, truk tangki yang dikemudikan M Fadhir Rosi (30) melaju kencang dari arah Prigen menuju ke arah Surabaya.  Saat masih berada di jalur menurun - tepatnya di depan ruko Pandaan Square, truk mengalami rem blong.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Pasuruan Iptu Khunaefi mengatakan, pada insiden tersebut sopir truk tangki bernopol N 8340 UT sempat menabrak motor Yamaha Fiz R bernopol N 4444 GA. Sopir truk, M Fadhir Rosi yang berasal dari Kota Surabaya dikabarkan meninggal dunia di TKP. Sementara pemotor bernama Dicky Pratama Sebastian (29), warga asal Kabupaten Sidoarjo meregang nyawa ketika dirawat di RS Sahabat Sukorejo.

BACA JUGA:Antisipasi Kecelakaan KA, Kasatlantas Koordinasi dengan Kepala Stasiun

Menurut salah satu penjaga ruko, Samad (46), dalam kejadian tersebut disamping menewaskan dua orang, truk tangki juga menabrak portal gang serta warung kopi. Truk diduga mengalami rem blong saat masih berada di sekitar 500 meter dari lokasi kejadian. Jalan menurun membuat laju truk tangki yang bermuatan air melaju cukup kencang meluncur ke bawah.

"Kalau dilihat dari kejadiannya, truk mengalami rem blong. Muatan yang berat membuat laju kendaraan semakin kencang di jalan menurun," jelas Iptu Khunaefi, Minggu, 26 November 2023.

Sebelum menabrak portal dan warung, truk tangki tersebut menabrak motor hingga terpental bersama dengan pengendaraanya.

"Kalau tidak salah, ada 3 portal yang ditabrak truk sebelum terhenti karena menabrak warung. Yang meninggal sopir truk dan pengendara motor," timpal Samad.

BACA JUGA:Kecelakaan di Menur, Polisi Tetapkan Tersangka Pegemudi Innova

Dalam kecelakaan tersebut, korban tewas oleh petugas dievakuasi ke RS Pusdik Brimob Watukosek Gempol. Petugas dari Poslantas Cheng Hoo bersama unit Laka Lantas Polres Pasuruan melakukan olah TKP guna penyelidikan penyebab kecelakaan. 

Sementara, Sabtu 25 November 2023 pukul 15.00 WIB, sebuah kendaraan truk colt diesel milik salah satu toko bangunan terjun ke sungai di aliran kali Welang yang berada di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kondisi kendaraan terbalik dan membutuhkan waktu lama untuk dievakuasi, karena jaraknya agak jauh dari badan sungai kali Welang. (kd/mh)

Sumber: