Anggota DPRD Satu Keluarga yang Loncat ke Gerindra Akhirnya Di-PAW

Anggota DPRD Satu Keluarga yang Loncat ke Gerindra Akhirnya Di-PAW

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Rabu (22/11), lantik 3 orang PAW dari Partai PPP.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Tiga anggota DPRD Kabupaten PASURUAN asal satu keluarga dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang meloncat ke Partai Gerindra, akhirnya diganti. Pergantian Antar Waktu (PAW) tiga anggota PPP itu digelar di ruang utama DPRD Kabupaten PASURUAN, Rabu, 22 November 2023 siang. 

PAW tiga anggota itu digelar dalam rapat paripurna dengan agenda pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) dari partai PPP. Tiga anggota yang di PAW itu adalah KH Saifulloh Damanhuri dan istrinya Faizaturrohmah, serta menantunya M Aminudin. Mereka sebelumnya meloncat ke Partai Gerindra, sesuai dengan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) pemilu 2024 yang diumumkan KPU Kabupaten Pasuruan. Sehingga, DPC PPP pun mengusulkan pengganti ketiganya. Dan kemarin, ketiga anggota satu keluarga itupun digantikan oleh Yahya Najih, Mohammad Saifuddin dan Muhammad Adi Setiawan Fadzliansyah.

Pelantikan dilakukan Ketua DPRD, HM Sudiono Fauzan. Disaksikan mayoritas anggota DPRD lainnya, pejabat eksekutif dan para undangan lainnya. Sudiono dalam sambutannya menyampaikan bahwa pejabat PAW yang dilantik harus bisa mengemban dan menyelesaikan tugas-tugas dari anggota di komisinya masing-masing. “Anggota yang baru dilantik ini harus bisa menyesuaikan diri dengan tugas-tugas dewan. Saat ini pembahasan APBD sedang dilangsungkan,” ujar Sudiono Fauzan di gedung DPRD Kabupaten Pasuruan, Rabu, 22 November 2023.

BACA JUGA:Puslitbang Polri Kunjungi Polres Pasuruan, Supervisi untuk Cegah Intoleransi dan Radikalisme

Perlu diketahui, Yahya Najih sebelumnya juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari PKNU pada periode 2009-2014 yang lalu. Kemudian ia berpindah ke PPP. Namun di Pemilu 2014 ia gagal untuk menduduki kembali sebagai anggota dewan.

BACA JUGA:Ada-Ada Saja! Caleg Dapil 6 Kabupaten Pasuruan Teror Rumah Anggota Dewan

KH Saifulloh Damanhuri, sendiri tercatat sebagai anggota di komisi III. Perannya kini digantikan oleh Yahya Najih. Sementara, Faizaturrohmah tercatat sebagai anggota di komisi II. Dan perannya kini digantikan oleh Mohammad Saifuddin.

Sementara, Aminuddin, sang menantu Saifullah Damanhuri tercatat sebagai anggota komisi I. Kini perannya digantikan oleh Adi Setiawan Fadzliansyah.

Ketua DPC PPP Kabupaten Pasuruan, H Habibulloh mengatakan, tiga anggota PPP yang baru dilantik untuk PAW ini harus bisa menjaga amanah rakyat. Dan secara khusus Habibulloh meminta dari 4 kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan saat ini harus bisa dipertahankan atau minimal bisa menambah 1 kursi lagi.

"Pesan saya jangan sampai ketika menjabat sebagai wakil rakyat lupa dengan rakyatnya. Karena jabatan adalah amanah," kata Habibulloh, Rabu (22/11).

Ketiga orang yang dilantik sebagai PAW anggota dewan ini akan dari PPP akan mengakhiri masa jabatannya sesuai dengan masa periodesasinya. Yakni berakhir yakni pada Agustus 2024 mendatang. Atau mereka hanya menjabat sekitar 9 bulan saja. (kd/mh)

Sumber: