Buah Beracun tapi Bermanfaat Untuk Kesehatan, Buah Kecubung

Buah Beracun tapi Bermanfaat Untuk Kesehatan, Buah Kecubung

Buah kecubung, tanaman beracun yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan-faunatis-

MEMORANDUM-Kecubung adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin Datura metel dan dikenal sebagai tanaman beracun. Namun, di balik racunnya Kecubung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Buah Kecubung

Buah kecubung mengandung berbagai nutrisi dan senyawa aktif, di antaranya:

• Alkaloid, seperti atropin, hiosiamin, dan skopolamin. Alkaloid adalah senyawa yang memiliki efek sedatif, antispasmodik, dan antiinflamasi.

• Flavonoid, seperti kaempferol, quercetin, dan rutin. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

• Tannin yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

BACA JUGA:Tips Memilih Buah Sirsak yang Matang dan Benar

Manfaat Buah Kecubung untuk Kesehatan

Beberapa manfaat buah kecubung untuk kesehatan, di antaranya:

• Mengatasi gangguan pencernaan

Buah kecubung memiliki efek antispasmodik yang dapat membantu meredakan kejang otot di saluran pencernaan. Selain itu, buah kecubung juga dapat membantu mengurangi produksi asam lambung dan meningkatkan sekresi empedu.

• Mengobati demam

Buah kecubung memiliki efek antipiretik yang dapat membantu menurunkan demam. Hal ini disebabkan oleh kandungan alkaloid dalam buah kecubung yang dapat menghambat pelepasan prostaglandin, yaitu senyawa yang berperan dalam proses peradangan dan demam.

• Meningkatkan fungsi jantung

Sumber: