Pemilu 2024, Ratusan DPT Gresik Nyoblos di Penjara

Pemilu 2024, Ratusan DPT Gresik Nyoblos di Penjara

Kepala Rutan Kelas IIB Gresik Disri Wulan Agus Tomo memberikan stimulus kepada WBP-Andika-

GRESIK, MEMORANDUM -  Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Gresik bakal turut berpartisipasi dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penyelenggara sudah menyiapkan tiga tempat pemungutan khusus (TPS) bagi ratusan narapidana tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Rutan Kelas IIB Gresik Disri Wulan Agus Tomo. Pihaknya memastikan, seluruh WBP sudah tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Setelah koordinasi masif dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gresik.

"Seluruh warga binaan di Rutan Kelas IIB Gresik sudah terdata untuk Pemilu 2024. Beberap waktu lalu sudah dilakukan pendataan oleh dinas terkait. Nanti ada tiga tempat pemungutan suara khusus di rutan. Total sejauh ini ada 721 DPT," beber Disri Wulan Agus Tomo, Kamis (16/11).

Ditanya apakah ada kemungkinan jumlah DPT bertambah jika ada tambahan penghuni rutan, Disri belum menjawab secara detail.

Yang pasti untuk persoalan data DPT dan TPS pihaknya selalu aktif berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU Gresik.

Jumlah penghuni Rutan Kelas IIB Gresik memang overload. Dari kapasitas 250 orang yang bisa ditampung, saat ini jumlah tahanannya lebih dari 800 orang. Terdiri dari WBP maupun tahanan titipan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

"Yang pasti kami akan berupaya memfasilitasi seluruh warga binaan di sini menggunakan hak pilihnya. Karena itu adalah hak konstitusional bagi seluruh warga negara Indonesia. Kami pastikan warga binaan di Rutan Kelas IIB Gresik bisa nyoblos tanggal 14 Februari 2024," tegasnya.(and/har)

Sumber: