Kawal Stabilitas Kamtibmas, Satbinmas Pores Bangkalan Rutin Edukasi Satpam

Kawal Stabilitas Kamtibmas, Satbinmas Pores Bangkalan Rutin Edukasi Satpam

Personel Satbimis saat mengedukasi komunitas Satpam di halaman Kampus UTM-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Kiat Polres Bangkalan untuk mengedukasi komunitas Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai bagian dari mitra Polri untuk jaga dan kawal stabilitas  kamtibmas, rutin diakumulasikan dari waktu ke waktu.

Tujuannya agar semua personel Satpam sebagai pengemban amanah tugas pengamanan di area terbatas, mampu memaksimalkan kualitas kinerja mereka.

“Karenanya, Polres merasa punya kewajiban untuk mengedukasi rekan-rekan Satpam yang tersebar bekerja di berbagai obvit (0byek vital),” kata Kasi Humas Polres, Iptu Risma Wijayati, Rabu 15 November 2023.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Bekuk 2 Pengedar Narkotika Lintas Kabupaten, 100 Gram Sabu Disita

Hanya saja, sesuai tupoksi kerja mereka, beban tugas dan tanggung jawab mereka sebagai petugas keamanan bukan tak terbatas seperti layaknya Polsi. Sebaliknya, ranah tugas mereka terbatas di kawasan area yang sudah ditentukan.

Karenanya, giat pembinaan dan edukasi terhapap semua personel Satpam rutin dialakukan Satbinmas Polres. “Targetnya, agar rekan-rekan Satpam paham terkait tupoksi ranah tugas mereka,” tandas Iptu Risna.

Kasatbinmas Polres Iptu Lilis Sulistijadi, kembali mengamanatkan tugas kepada beberapa personel Satbinmas untuk membina dan mengdukasi puluhan personel Satpam di bawah naungan PT Marina Sriharta.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Kawal Pelantikan Pengurus MWC-NU

“Giat pembinaan itu kami laksanakan di halaman Kampus Universitas Trunojoto Madura (UTM), Desa Telang, Kecamatan Kamal,” timpal Iptu Lilis. Lokasi Kampus UTM dinilai amat srategis, karena kompleks UTM memilii area  sangat luas, sekaligus butuh tabir pengamanan yang cukup variatif.

Sesuai dengan tupoksi kinerja Satpam, peronel Satbinmas bisa melakukan edukasi dan pembinaan yang tepat kepada komunitas Satpam, terkait fungsi, peran dan beban tugas mereka sebagai petugas keamanan di kawasan area terbatas.

Dalam aplikasi pembinannya, sedikitnya 5 personel Satbinmas memaparkan varian tugas personel Satpam yang sudah diatur dalam tupoksi kerja mereka.” Anggota juga membekali reka-rekan Satpam dengan teori dasar-kepemimpinan,” jelas Iptu Lilis.

BACA JUGA:Satu Tersangka Dibekuk, Polres Bangkalan Ungkap Motif Pengeroyokan Berdarah di Desa Dumajah

Tujuannya, agar mereka fasih dan paham tentang ranah tugas mereka. Termasuk terkait attitude (prilaku)  dan etika saat menjalankan tugas sebagai Satpam. Penyampaian Semua materi pembinaan,  tidak disampaikan searah. Tetapi dibumbui alur dialogis melalui forum Tanya jawab.

Karenanya, Sesuai harapan Bapak kapolres AKBP Febri Isman Jaya, Kasatbinmas, optimis semua Satpam peserta pembinaan, tidak sebatas mampu menyerap dan memahami materi pembinaan.” Tetapi kami harap mereka mampu menjalakan tugas tupoksi kerja mereka,” pungkas Iptu Lilis.(ras)

Sumber: