Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan

ilustrasi--

SURABAYA, MEORANDUM - Puasa Daud, atau juga dikenal sebagai Puasa sunnah Daud, adalah ibadah Puasa yang dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Puasa Daud biasanya dilakukan pada Senin dan Kamis setiap minggu. Nabi Muhammad SAW juga disebutkan pernah berpuasa Daud pada Selasa. Namun, jika seseorang tidak dapat melakukannya pada hari-hari tersebut, mereka dapat memilih hari lain sesuai dengan kebijaksanaan mereka

BACA JUGA:Wali Kota Mojokerto Ajak Ribuan Warga Dzikir Bersama Ustadzah Mumpuni

BACA JUGA:Tatata Cara Melakukan Puasa Weton dan Manfaatnya

Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan

1. Mengubah Fungsi Sel, Gen, dan Hormon

Saat kamu tidak makan untuk sementara waktu, beberapa kondisi terjadi di tubuh. Misalnya, tubuh akan memulai proses perbaikan sel yang penting dan mengubah kadar hormon agar lemak tubuh yang tersimpan lebih mudah tubuh akses.

2. Menurunkan Berat Badan dan Menghilangkan Lemak Perut

Puasa akan meningkatkan laju metabolisme (meningkatkan kalori keluar) dan mengurangi jumlah makanan yang seseorang konsumsi (mengurangi kalori masuk).

Agar semakin maksimal, pastikan untuk menjalani diet yang tepat jika alasanmu berpuasa adalah menurunkan berat badan. Simak informasinya dalam artikel: Biar Berhasil, Ini Cara Diet Saat Puasa. 

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 telah menjadi sangat umum dalam beberapa dekade terakhir. Ciri utamanya adalah kadar gula darah tinggi dalam konteks resistensi insulin.

Apapun yang mengurangi resistensi insulin nyatanya bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari penyakit gula tipe 2. 

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Senin Kamis : Arab, Latin dan Artinya

Sumber: