Maanfaat Memberikan Doa kepada Orang yang Sudah Meninggal

Maanfaat Memberikan Doa kepada Orang yang Sudah Meninggal

ilustrasi doa--

SURABAYA, MEMORANDUM - Mendoakan orang meninggal sangat dianjurkan di dalam agama Islam. Apalagi, mendoakan orang meninggal yang memiliki hubungan yang sangat dekat, seperti orang tua, anak, maupun saudara.

Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar mengatakan bahwa para ulama sudah bersepakat tentang doa yang dibacakan kepada orang yang sudah meninggal pahala dan manfaatnya bisa sampai kepada mereka.

Pendapat ini juga diperkuat dengan adanya dalil dalam Al-Quran, yaitu pada surat Al-Hasyr Ayat 10, yang artinya:

"Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, 'Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang'."(QS. Al-Hasyr: 10)

BACA JUGA:Doa agar Terhindar dari Ain, Penyakit yang Timbul Akibat Pandangan Mata

BACA JUGA:Doa Berangkat Kerja Lengkap dengan Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Bekerja

Manfaat memberikan doa kepada orang yang sudah meninggal

Mendoakan orang meninggal memiliki manfaat yang sangat istimewa. Dalam sebuah hadis Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya ketika (orang yang didoakan itu) tidak ada kecuali para malaikat akan mengatakan, ‘Bagi kamu juga seperti itu’.” (HR. Muslim).

Orang yang sudah meninggal diibaratkan sebagai orang yang tenggelam. Di mana ia meminta pertolongan yang dalam hal ini ada berupa doa. Doa-doa tersebut sangat mereka nantikan sebagai penolong. Doa itu bisa datang dari keturunannya, saudaranya, maupun teman-temannya. Rasulullah SAW pun bersabda:

“Siapa menolong mayit dengan membacakan ayat-ayat Al-Quran dan zikir Allah akan memastikan surga baginya.” (HR. Ad-Darimy dan Nasa’i dari Ibnu Abbas).

Mendoakan orang meninggal manfaatnya yaitu membuat mayit mendapatkan manfaat dari amal yang sudah dilakukan saat ia masih hidup di dunia. Bacaan doa dan istighfar yang dikirimkan dari sesama umat Islam untuk si mayit bisa memberikan manfaat yang sangat istimewa. Di mana doa tersebut adalah hadiah yang sangat besar untuk orang yang sudah meninggal.

Sumber: