KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember Gembleng 26 Relawan

KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember Gembleng 26 Relawan

Para peserta Dikasar Mengikuti Pembelajaran Materi Oleh Seniornya -Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKSAR) Tahun 2023 di Markas PMI Kabupaten Jember, Jalan Jawa 57 Sumbersari Jember. Kegiatan ini diikuti oleh 26 calon anggota KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember.

DIKSAR kali ini mengusung tema "Dedikasi Tanpa Batas Generasi muda sebagai pelopor relawan berintegritas dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan".

Tujuan DIKSAR ini adalah untuk memberikan karakter mendasar para calon anggota untuk menjadi relawan militan Palang Merah Indonesia yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

BACA JUGA:Antisipasi Dampak Krisis Air Bersih, PMI Jember Siapkan Armada Tangki dan Tandon Air

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi ruang dan sesi lapang. Sesi ruang dimulai pada hari ini, Sabtu, 11 November 2023 hingga 3 Desember 2023 yang dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Kemudian sesi lapang yang akan dilaksanakan setelah dua pekan dari hari terakhir sesi ruang.

Peserta DIKSAR KSR nantinya dibekali 120 JP (Jam Pelajaran) dalam menempuh sertifikasi Korps Sukarela Palang Merah Indonesia. Materi yang akan diberikan merupakan materi-materi mendasar terkait kepalang merahan dan nilai-nilai kemanusiaan hingga materi teknis tanggap darurat kebencanaan.

“Saya mengharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena kalian nanti akan menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat apabila terjadi bencana,” ujar Gigih Priambodo, Sub Bidang SDM dan Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Jember dalam sambutannya pada pembukaan DIKSAR KSR Markas PMI Kabupaten Jember.

BACA JUGA:Semarak HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, PMI Jember Gelar Lomba Tradisional

Ketua KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember, Mohammad Rifqi Adam, berharap para relawan KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember dapat menjadi anggota sebagai kader-kader militan Palang Merah Indonesia.

“Calon anggota nantinya diharapkan dapat mengikuti seluruh materi serta mampu mengimplementasikannya. Adapun hasil DIKSAR 2023 ini bakal menjadi pilar kemanusiaan dalam merepresentasikan Palang Merah Indonesia nantinya,” pungkas Mohammad Rifqi Adam.

Dengan mengikuti DIKSAR ini, diharapkan para calon anggota KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam bidang kepalang merahan dan tanggap darurat kebencanaan. Mereka nantinya diharapkan dapat menjadi relawan yang militan dan siap membantu masyarakat dalam berbagai situasi, termasuk dalam situasi bencana.(edy)

Sumber: