Tips Memilih Buah Srikaya yang Berkualitas!

Tips Memilih Buah Srikaya yang Berkualitas!

srikaya--

SURABAYA, MEMORANDUM - Manfaat srikaya untuk kesehatan sangatlah beragam. Beberapa jenis zat dan nutrisi yang terkandung pada buah, daun, biji, dan batang tanaman srikaya diyakini memiliki efek baik untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.

Agar saat membeli buah srikaya tidak salah pilih. Berikut tips memilih buah srikaya yang berkualitas : 

BACA JUGA:Apakah Bayi Boleh Mengonsumsi Buah Srikaya? Simak Penjelasan Berikut Ini

1. Pilih srikaya yang memiliki benjolan besar

Buah srikaya yang memiliki benjolan besar di kulitnya pasti memiliki sisik yang besar juga. Jarak antar sisiknya sedikit renggang. Jika memiliki kedua ciri tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa buah srikaya sudah tua dan matang. Jadi, buahnya pun enak dikonsumsi karena rasanya tidak masam.

2. Lihat warna celah antar sisik

Amati dengan saksama kulit buah srikaya. Apakah terdapat warna pada celah antar sisiknya? Jika iya, tandanya buah srikaya tersebut sudah matang. Biasanya warna pada celah antar sisik buah srikaya yang matang adalah kuning.

Jangan nekat membeli buah srikaya yang warna celah antar sisiknya masih merah muda. Sebab, warna tersebut menandakan buah srikaya masih belum matang. Saat dimakan pun pasti rasanya tidak akan enak.

BACA JUGA:Ternyata Buah Srikaya Mempunyai 6 Manfaat Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

3. Pilih srikaya yang lunak saat ditekan

Mengetahui kualitas buah srikaya yang baik tak cukup hanya dengan mengamati bagian kulit saja. Tapi, kamu perlu mengeceknya langsung dengan cara menekan-nekan bagian kulit terlebih dahulu. Kalau lunak, bisa dipastikan srikaya tersebut sudah matang.

Hindari membeli buah srikaya yang teksturnya terlalu lembut dan lembek. Lebih parahnya lagi jika sudah ada kandungan air di dalamnya. Sebab, kesegaran dan kenikmatan srikaya yang enak pun jadi tak berasa.

4. Cium aromanya

Supaya kamu semakin yakin dengan kualitas buah srikaya yang akan dibeli, coba cium aromanya. Indikator lain yang menunjukkan sebuah srikaya memiliki kualitas bagus adalah dari aroma yang dikeluarkan.

Sumber: