Jarang Diketahui! Berikut Ini Manfaat Biji Srikaya Jika Dikelola dengan Benar

Jarang Diketahui! Berikut Ini Manfaat Biji Srikaya Jika Dikelola dengan Benar

srikaya--

SURABAYA, MEORANDUM - Srikaya dikenal dari daging buahnya yang berwarna putih yang lembut dan kenyal dengan bagian luarnya yang keras. Buah Srikaya memiliki kandungan nutrisi sehat seperti antioksidan hingga vitamin A. 

Selain daging buah yang lezat, biji srikaya juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang mungkin berpikir biji srikaya tidak berguna, tetapi ternyata biji ini juga memiliki banyak kegunaan yang luar biasa.

BACA JUGA:Sering Dibuang! Berikut Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat biji srikaya yang belum banyak diketahui :

1. Pengusir Serangga

Campurkan beberapa biji srikaya yang telah dihaluskan menjadi bubuk dalam air dan biarkan selama beberapa hari. Pengusir serangga buatan alami ini sudah siap digunakan. Taburkan campuran di sekitar rumah, terutama di daerah yang sering terdapat serangga.

Insektisida yang dibuat dari biji srikaya ini harus dijauhkan dari mata karena memiliki potensi untuk membutakan seseorang untuk sementara waktu.

2. Membasmi Kutu Kepala

Giling biji srikaya menjadi bentuk bubuk dan campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan di kepala dan biarkan selama 10 menit. Cuci bersih dengan air dingin biasa. Proses ini, jika diulang dua kali seminggu selama sebulan akan memberikan hasil yang luar biasa dan membuat kepala Anda benar-benar bebas kutu.

BACA JUGA:Ternyata Buah Srikaya Mempunyai 6 Manfaat Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

3. Pestisida Alami untuk Tanaman

Biji srikaya juga digunakan untuk membuat pestisida beracun ampuh lain yang digunakan dalam pertanian komersial. Pestisida yang dibuat dari biji ini adalah alami dan tidak berbahaya bagi ekologi. Penggunaan pestisida yang terbuat dari biji srikaya cukup bermanfaat bagi kesehatan umat manusia.

4 Produksi Bio Gas

Biji srikaya memang cukup beracun dan konsumsi yang tidak disengaja dapat menyebabkan sakit perut parah. Jadi saat Anda menikmati srikaya sebagai camilan malam, pertama-tama pastikan untuk membuang semua bijinya dengan hati-hati.

Sumber: