Western Sydney University Siap Buka Kampus Internasional di Surabaya

Western Sydney University Siap Buka Kampus Internasional di Surabaya

Western Sydney University (WSU) menggelar peluncuran kampus internasional pertamanya di Surabaya--

SURABAYA, MEMORANDUM – Western Sydney University (WSU) menggelar peluncuran kampus internasional pertamanya di SURABAYA, pada Kamis, 9 November 2023 di Grand Ballroom Hotel Sheraton SURABAYA.

Acara ini dihadiri Chancellor, Western Sydney University Professor Jennifer Westacott AO, Vice Chancellor dan Presiden Professor Barney Glover AO, Menteri Pendidikan Australia Hon Jason Clare MP, Menteri Pendidkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Western Sydney University merupakan kampus ternama asal Australia yang meraih peringkat pertama dari Times Higher Education (THE) University Impact Rangkings selama dua tahun berturut-turut atas dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang telah ditimbulkan.

WSU kampus SURABAYA berfokus pada bidang kewirausahaan, ketahanan serta keberlanjutan iklim. Setidaknya ada 5 program studi yang dibuka, yakni Bachelor of Computer Science, Bachelor of Information and Communication Technology, Bachelor of Data Science, Bachelor of Engineering (Electrical), Bachelor of Business (Applied Finance).

Mendikbukristek, Nadiem Makarim menyambut baik kerja sama antara Indonesia – Australia di bidang pendidikan ini dan menilai bahwa pemilihan Kota SURABAYA sebagai tempat membuka kampus di Indonesia merupakan hal yang tepat karena fundamental dan ekonominya yang baik.

“Kami dengan bangga mendukung kemitraan dengan pemangku kepentingan nasional dan internasional untuk memperkuat dan meningkatkan jangkauan pendidikan berkualitas. Kami percaya bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi tanpa batas untuk dapat menuju Indonesia yang cemerlang. Oleh karena itu pendidikan menjadi kunci untuk membangun masa yang depan lebih baik.”, tambahnya.  

Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa hadirnya kampus Internasional ini bukanlah untuk bersaing dengan perguruan tinggi di Indonesia namun untuk berkolaborasi.

Semangat yang sama juga dituturkan Chancellor, Western Sydney University, Professor Jennifer Westacott AO,“Dengan semangat dan tekad untuk memajukan, kami yakin kampus baru Western Sydney University Indonesia di SURABAYA akan mendukung pertumbuhan dan transformasi ekonomi lokal.”

Kampus WSU SURABAYA akan berlokasi di Pakuwon Tower dan siap dibuka pada September 2024 Mendatang.

Pada fase pertama, kampus Surabaya dapat memfasilitasi 1.000 mahasiswa, sedangkan dalam fase kedua kampus Surabaya dapat memfasilitasi 1.700 hingga 2.000 mahasiswa.

Mendekati peluncuran kampus, Western Sydney University Indonesia juga akan membuka peluang bagi pelajar yang ingin berpartisipasi di program inkubasi Launch Pad.

Program tersebut akan menawarkan pendidikan serta pelatihan wirausaha, pembangunan usaha baru, riset komersil dan transformasi industri, didukung dengan pendampingan bisnis dan akses ke keahlian teknologi digital terbaru untuk menciptakan ekosistem yang mendukung invoasi serta wirausaha tingkat global.

Sumber: