Pj Wali Kota Batu : Pengelolaan sampah Jadi Tugas Bersama

Pj Wali Kota Batu : Pengelolaan sampah Jadi Tugas Bersama

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.--

BATU, MEMORANDUM-Permasalahan sampah yang hingga saat ini masih terjadi dan terus mencari solusi dan mulai menampakkan titik terang dalam menemukan langkah-langkah yang tepat.

Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Batu menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Wilayah Kelurahan se Kota Batu, yang dibuka secara langsung oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, di Samara Resort Kota Batu, Kamis, 9 November 2023.

Kabag Pemerintahan Setda, Arif menjelaskan dalam kegiatan ini diikuti oleh 53 peserta baik dari Dinas Lingkungan Hidup, maupun dari Polsek Batu maupun Koramil Kodim 0818 Malang Batu, serta perwakilan bank sampah, dan pengelola sampah di wilayah kelurahan se-Kota Batu. 

BACA JUGA:Dua Petugas PLN Mojokerto Babak Belur Dikeroyok OTK

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengungkapkan kejadian yang terjadi di kota Batu bisa menjadi momentum yang baik jika diambil dan dilaksanakan dengan langkah yang tepat. 

BACA JUGA:Sukseskan Piala Dunia U-17, Dirlantas Polda Jatim: Siapkan Rekayasa Lalin

"Persoalan sampah bisa diatasi dengan cepat jika semua pihak terlibat termasuk masyarakat yang masih berpikir bahwa sampah adalah bukan hanya urusan pemerintah saja termasuk masyarakat dan dunia usaha,” kata Aries. 

Menurutnya, masyarakat tidak tahu proses sampah ini kemana, sekarang perlu mengubah mindset sampah bukan hanya tugas pemerintah termasuk masyarakat, dunia usaha dan Kelurahan menjadi ujung tombak untuk mengatasi persoalan ini.

Dicontohkan, salah satu sekolah dasar di Kelurahan Temas dengan lingkungan yang sangat asri dan bersih serta masak anak-anaknya dilatih untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolahnya.

Diharapkan, tidak perlu malu untuk meniru, tidak malu untuk belajar ke tempat lain agar wawasan kita semakin bertambah utamanya untuk pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan.

“Salah satu contoh tadi kami pergi ke SDN 1 Temas di situ sangat baik kebersihan lingkungannya anak-anaknya juga diajari untuk peduli dengan lingkungannya dengan bersih-bersih di kelasnya masing-masing,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini juga mendatangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, yang memberikan materi tentang tata cara pengelolaan sampah sekaligus penguatan dari segi administrasi dalam bentuk Perwali atau Perbub.(nik)

Sumber: