5 Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Batu Ginjal, Bukan Cuma Kurang Minum!

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Batu Ginjal, Bukan Cuma Kurang Minum!

Pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap hari untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal-pixabay-

MEMORANDUM-Batu ginjal adalah kondisi di mana terbentuknya kristal keras di dalam ginjal. Kristal ini dapat terbentuk dari berbagai zat, seperti kalsium, asam urat, dan oksalat. Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, mual, muntah, dan demam.

Selain kurang minum, ada beberapa kebiasaan lain yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Berikut adalah 5 kebiasaan yang bisa menjadi penyebab batu ginjal:

1. Konsumsi makanan tinggi garam

Garam dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urine, yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Konsumsi garam yang disarankan adalah tidak lebih dari 2.300 miligram per hari.

2. Konsumsi makanan tinggi protein hewani

Protein hewani dapat meningkatkan kadar asam urat dalam urine, yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Makanan tinggi protein hewani antara lain daging merah, unggas, dan ikan.

BACA JUGA:5 Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Minum Air Putih dan Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh

BACA JUGA:Lakukan Secara Rutin! Ini 5 Manfaat Yang Kalian Dapat Jika Rutin Minum Air Putih

3. Konsumsi makanan tinggi oksalat

Oksalat adalah zat yang ditemukan dalam berbagai makanan, seperti bayam, cokelat, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan tinggi oksalat dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Kurang minum air putih

Minum air putih yang cukup dapat membantu mengencerkan urine, sehingga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Dewasa disarankan untuk minum 8-10 gelas air putih per hari.

5. Obesitas

Obesitas dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Orang yang obesitas memiliki lebih banyak lemak tubuh, yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kalsium dalam urine.

Sumber: