Dampak Pemanasan Global bagi Kesehatan dan Kehidupan

Dampak Pemanasan Global bagi Kesehatan dan Kehidupan

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Pemanasan global adalah fenomena peningkatan suhu bumi dalam jangka waktu yang panjang. Dampaknya mencakup ancaman terhadap kesehatan manusia dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Dampak pemanasan global itu terjadi karena agen patogen penyakit mampu beradaptasi terhadap lingkungan. Masalah yang muncul seperti keracunan makanan, masalah mental, hingga gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Wow Ini Lho Bahaya Suhu Panas Matahari 38 Celcius Bagi Kesehatan Kulit

BACA JUGA:Mitos vs Fakta: Sebelum Beli Galaxy A05 dan A05s, Kamu Harus Tahu Lima Hal Ini

Berikut dampak pemanasan global :

1. Udara menjadi lebih kotor

Kenaikan suhu dapat memperburuk polusi udara, terlebih ditambah polusi dari mobil, pabrik, dan sumber lainnya. Hal ini mampu meningkatkan kabut ozon di permukaan tanah.

Udara yang kotor mampu meningkatkan risiko seseorang dirawat di rumah sakit, bahkan kematian bagi pengidap asma. Hal ini juga dapat memperburuk kesehatan seseorang dengan penyakit jantung atau paru-paru. 

2. Gelombang panas

Pemanasan global yang terus terjadi dapat menyebabkan gelombang panas. Jika semakin parah, bisa jadi menimbulkan penyakit dan bahkan kematian, terutama pada lansia. Kelembapan yang tinggi juga dapat menyebabkan nyamuk lebih mudah untuk berkembang biak, sehingga penularannya lebih rentan terjadi.

3. Ancaman kepunahan spesies hewan dan tumbuhan

Perubahan iklim yang parah dapat membuah ancaman kepunahan satu dari enam spesies, baik dari tumbuhan maupun hewan. Akibat perubahan iklim ini, pilihannya hanya dua, yaitu bergerak atau beradaptasi.

4. Malanutrisi

Perubahan iklim akibat pemanasan global mempengaruhi ketersediaan, kualitas dan keanekaragaman pangan, sehingga memperburuk krisis pangan serta gizi. Persentase kematian akibat kekurangan makanan sebanyak 30 persen, umumnya terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun.

Sumber: