Pj Wali Kota Batu: BPD Bukan Kompetitor Kepala Desa

Pj Wali Kota Batu: BPD Bukan Kompetitor Kepala Desa

Peresmian Anggota BPD Sumbergondo dan Sumberbrantas serta PAW BPD Kota Batu.-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bukan kompetitor kepala desa, BPD memiliki tugas yang sama, memiliki tugas linier dengan kepala desa untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat desa. 

Pesan ini disampaikan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, saat memberikan sambutan dan arahan dalam Peresmian Anggota BPD Sumbergondo dan Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu, serta Pengganti Antar Waktu (PAW) Kota Batu di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu, Selasa, 2 November 2023.

BACA JUGA:Gubernur Jatim Lantik Pj Walikota Batu

BACA JUGA:Hari Santri 2023, Pj Wali Kota Batu: Jihad Santri Membangun Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

"BPD bukan kompetitor kepala desa, BPD memiliki tugas yang sama, memiliki tugas linier dengan kepala desa untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat desa. Oleh karena itu, tidak usah menunggu waktu lama, BPD harus berkolaborasi dan membantu kepala desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Aries di hadapan 14 anggota BPD yang diresmikan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Ikut Bersih-Bersih Sisa Lapak Kuliner Pedagang Pasar

BACA JUGA:PJ Wali Kota Batu Ajak Pilah Sampah

Ia menegaskan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintahan desa dan kelurahan, baik kepala desa, BPD, dan perangkat desa. Pertama untuk membangun sinergitas dan kolaborasi memajukan desa dalam Desa Wisata

Desa Wisata yang telah dikembangkan di seluruh desa di Kota Batu merupakan potensi peningkatan ekonomi masyarakat. Desa Wisata harus terus dikembangkan, karena terbukti banyak menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Batu.

BACA JUGA:Berkantor di TPA Tlekung, PJ Wali Kota Batu Evaluasi Penanganan Sampah

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Sambut Pengunjung Booth Kota Batu di ICE Makassar

"Kita adalah satu-satunya kota yang memiliki branding Kota Wisata. Kota wisata menjadi kuat jika berbasis dari desa dengan dersa wisatanya. Ayo kita sinergikan, kita kolaborasikan Kota Wisata yang kita bangun mulai dari desa," harapnya.

Selanjutnya, kata pria asal Makassar ini  jika BPD harus memiliki peran penting dalam penyelesaikan permasalahan sampah di desa. Sebagai sosok yang dituakan di desa, tentu memiliki rasa pengabdian dengan keikhlasan dan ketulusan dalam menuntaskan permasalahan di masyarakat, termasuk terkait sampah. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Lepas Keberangkatan JCH

Sumber: