7 Tips Mengatasi Hp Lemot Paling Ampuh, Kembalikan Kinerja Smartphone

7 Tips Mengatasi Hp Lemot Paling Ampuh, Kembalikan Kinerja Smartphone

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Handphone atau ponsel kini menjadi perangkat elektronik yang tidak terpisahkan lagi. Dengan menggunakan perangkat elektronik ini, seseorang dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan mudah. 

Sayangnya, Handphone (HP) akan mengalami penurunan performa seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh pembaruan perangkat lunak yang memakan ruang lebih besar, sehingga menjadi ancaman bagi kecepatan ponsel. Hasilnya, gawai atau Hp akan bekerja lambat atau lemot.

BACA JUGA:Tips Menghindari Arisan Bodong dari Ekonom Unmuh Surabaya agar Anda Tak Jadi Korban

BACA JUGA:Ini Tips Pelaku Curanmor agar Kendaraan Anda Aman dari Pencurian

Berikut cara mengatasi Hp lemot dengan mudah 

1. Restart atau Mulai Ulang 

Cara mengatasi HP lemot yang pertama dapat dilakukan dengan memulai ulang perangkat atau restart. Cara sederhana ini dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda. Terlebih bila penyebab Hp lemot adalah sistem aplikasi latar belakang yang mengganggu. 

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan 

Cara kedua untuk mengatasi Hp lemot dapat dilakukan dengan mengosongkan ruang penyimpan. Performa hp lemot juga bisa saja dipengaruhi ruang penyimpanan yang terlampau penuh oleh sejumlah file dokumen, aplikasi, foto, audio, atau video. 

3. Perbarui Perangkat Lunak 

Cara selanjutnya untuk mengatasi Hp lemot adalah dengan memperbarui perangkat lunak gawai Anda. Periksa apakah ada pembaruan yang tersedia yang belum Anda instal. Pasalnya, Google mengoptimalkan Android dengan setiap rilis baru.

4. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan 

Penyebab HP lemot bisa saja karena banyak aplikasi yang berjalan dalam satu waktu. Misalnya, Anda membuat aplikasi Instagram, WhatsApp, Twitter, Netflix, sampai YouTube secara bersamaan. Hal ini membuat sistem operasi HP jadi bekerja ekstra, sehingga lambat.  

5. Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Sumber: