Ini Profil Lengkap Jamintel Reda Manthovani

Ini Profil Lengkap Jamintel Reda Manthovani

Jamintel Dr Reda Manthovani--

JAKARTA, MEMORANDUM - Dr Reda Manthovani, SH,MH,LLM.S.KOM resmi menjabat Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) usai dilantik Jaksa Agung ST Burhanuddin melantik pada Selasa 31 Oktober 2023 di Lantai 11 Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Pria kelahiran Jakarta 20 Juni 1969 itu sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Februari 2022 silam.

Bagi mantan Kajari Jakarta Barat itu, Kejati DKI bukanlah tempat baru, sebab sebelumnya Reda pernah menjabat sebagai Kabag TU Kejati DKI (2011).

BACA JUGA:Jaksa Agung Lantik Reda Manthovani Sebagai Jamintel

Pada 2012 Reda menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon (2012), kemudian pada 2013 menjabat Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri Kejaksaan Agung, serta Konsultan Hukum atau Kejaksaan pada Konsulat Jenderal RI di Hong Kong (2014-2015).

Pendidikan S1 diselesaikannya di Fakultas Hukum Universitas Pancasila (1988-1992), S2 di Faculte de Droit de l’UniversitedAix, Marseille III France (2001 - 2002). Selanjutnya, gelar S3 didapat dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

BACA JUGA:Berikut Daftar Lengkap 17 Pejabat yang Dilantik Jaksa Agung

Mantan Kajati Banten itu juga dikenal sebagai jaksa sekaligus akademisi di bidang penegakan hukum. Tak salah jika hingga saat ini, sudah empat buah yang ditulisnya.

Buku hasil karya jaksa yang mengawali karir di Kejari Cibadak itu, yakni:

1. Panduan Jaksa Penuntut Umum dalam: Penanganan Harta Hasil Perolehan Kejahatan

2. Problematika Penuntutan Kejahatan Cyber di Indonesia

3. Rezim Anti Pencucian Uang dan Perolehan Hasil Kejahatan

4. Konvensi Perlindungan Hak Asasi Manusia dan Legislasi Uni Eropa – Pengaruhnya Terhadap Sistem Hukum Nasional Negara-Negara Anggota dan Penandatangan Konvensi dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian di Indonesia. (*)

Sumber: