Waspada! Penyakit Ini Bisa Menyerang di Musim Pancaroba

 Waspada! Penyakit Ini Bisa Menyerang di Musim Pancaroba

Masyarakat perlu waspada selama beraktivitas di musim pancaroba. Sebab, beragam penyakit dapat menyerang tubuh.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Masyarakat perlu waspada selama beraktivitas di musim pancaroba. Sebab, beragam penyakit dapat menyerang tubuh manusia pada masa transisi antara musim kemarau ke musim hujan ini.

Dokter muda asal Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, dr Sheilly Joseline Terrukeni menyampaikan, penyakit yang harus diwaspadai selama musim pancaroba adalah gangguan saluran pernapasan seperti flu, gangguan pengecapan, demam, ispa, dan brokitis.

BACA JUGA:Modus Ranjau Baru Pengedar Sabu-Sabu, Disimpan di Tanah dan Ditutup Batu

“Kemudian penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah penyakit kulit seperti urtikaria dan dermatitis. Lalu, penyakit tropik seperti demam berdarah,” terangnya, Senin, 30 Oktober 2023.

BACA JUGA:Farewell, Mantan Kapolda Jatim Toni Harmanto Berterima Kasih kepada Anggota atas Dukungannya

Menurut telaah Sheilly, penyakit tersebut muncul dan bisa menyerang tubuh disebabkan oleh perubahan cuaca ekstrem.

Selain itu, juga dipicu oleh ketidakpatuhan individu dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Ketidakpatuhan prokes seperti misalnya, makan dan minum sembarangan, jarang berolahraga, tidak menerapkan pola hidup sehat, dan tidak menjaga kebersihan lingkungan rumah maupun kerja,” beber dia.

Supaya terhindar dari penyakit tersebut, dirinya menyarankan untuk mempertahankan pola hidup yang sehat. Di antaranya istirahat cukup selama 7 jam, berolahraga 1 minggu minimal 3x selama 30 menit.

“Tidak kalah penting minum air putih dua liter per hari, minum suplemen multivitamin, menjaga higienitas badan dan kebersihan lingkungan rumah maupun kerja,” tuntas dia. (bin)

Sumber: