200 TNI Diterjunkan Bersihkan Sampah di Sungai Tropodo

200 TNI Diterjunkan Bersihkan Sampah di Sungai Tropodo

Kasdim foto bersama Forkopimka Waru dan tokoh masyarakat serta potret-potret membersihkan sampah di Kali Tropodo.-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Kodim 0816/Sidoarjo menerjunkan 200 personel TNI bersihkan sampah yang menumpuk di sungai Tropodo, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Minggu, 29 Oktober 2023 pagi.

Selain tumpukan sampah, eceng gondok yang hampir menutupi permukaan sungai dan ranting pepohonan patah yang memenuhi aliran sungai juga turut dibersihkan.

Komandan Kodim (Dandim) 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Chb Suprianto yang memantau langsung kegiatan ini mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah sungai yang ada di Desa Tropodo ini merupakan kegitan bakti TNI gotong royong membangun desa.

BACA JUGA:Kodim Sidoarjo Gelar Serbuan Vaksinasi Booster di Buduran

"Dan ini merupakan program Kodim 0816/Sidoarjo bidang teritorial," ujar Suprianto.

Suprianto menjelaskan, karya bakti TNI gotong royong membangun desa ini bertujuan membantu kesulitan rakyat, terutama warga sekitar. Sehingga dengan kegiatan ini, aliran sungai yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga bisa kembali bersih dan aliran air normal, serta menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Tidak hanya bersih - bersih sungai di Tropodo saja, menurut Suprianto, program ini menyasar di setiap kecamatan yang ada di Sidoarjo. Seperti seperti beberapa waktu lalu, Kodim 0816/Sidoarjo juga bersih - bersih makam, bersihkan masjid dan musala warga.

"Jadi sarana sarana yang dibutuhkan masyarakat, di Kabupaten Sidoarjo kita bantu," ungkap Suprianto.

BACA JUGA:Kodim Sidoarjo Rehab TK Kedungkembar

Semantara itu, Camat Waru, Nawari menegaskan, kegiatan bersih - bersih sungai Tropodo ini merupakan program Kodim 0816/Sidoarjo yang berkolaborasi dengan pihak pemerintah desa dan juga pemerintah kecamatan. Dalam rangka membantu masyarakat terkait upaya normalisasi sungai di Tropodo.

"Karena Tropodo ini merupakan lokasi kusus (lokus) nya Pak Dandim, ini berdasarkan hasil kerja sama, hasil kominukasi kami dengan Pak Danramil, untuk mengurangi kotoran kotoran yang ada di sungai," kata Narwani.

Sebab, menurut Narwani, kegiatan ini dinilai sangat membantu masyarakat. Yakni Komandan Kodim yang menggerakan pasukannya, untuk membersihkan sungai yang ada di wilayah Kecamatan Waru. Ia selaku pemimpin wilayah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0816/Sidoarjo.

"Mengingat sebantar lagi akan memasuki musim hujan, sehingga aliran sungai bisa berjalan lancar dan memunimalisir banjir yang ada di Desa Tropodo," pungkasnya.(fin/pri/jok)

Sumber: