Perlu Diketahui! 5 Waktu Terbaik Minum Air Putih

Perlu Diketahui! 5 Waktu Terbaik Minum Air Putih

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Minum air putih memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh, dan waktu minum air juga mempengaruhi manfaat yang didapat. 

Kebutuhan harian air manusia bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan lingkungan tempat tinggal.

BACA JUGA:Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

Adapun waktu terbaik untuk minum air putih agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam aktivitas sehari-hari :

1. Setelah bangun di pagi hari

Minum 1-2 gelas air setelah bangun membantu menggantikan cairan yang hilang selama tidur, membantu menghidrasi tubuh kembali, dan mempersiapkan organ tubuh untuk memulai aktivitas di pagi hari. Selain itu, minum air setelah bangun juga membantu membersihkan sistem pencernaan dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

2. 30 menit sebelum dan setelah makan

Minum air sebelum makan juga membantu menghindari overeating atau makan berlebihan karena perut sudah sedikit terisi sebelumnya.

Adapun minum air putih setelah makan juga memiliki manfaat penting. Ketika kita makan, tubuh membutuhkan air untuk membantu mencerna makanan dengan baik dan membawa nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Kenali 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

3. Sebelum dan setelah olahraga

Olahraga meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan karena kita kehilangan air melalui keringat. Minum 1 gelas air 30 menit sebelum berolahraga membantu mencegah dehidrasi selama aktivitas fisik dan memastikan kita memiliki cukup cairan dalam tubuh untuk mendukung performa olahraga yang optimal.

4. Menjelang sore hari

Mengonsumsi air menjelang sore membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah gejala dehidrasi seperti kelelahan dan sakit kepala.

Sumber: