Sindikat Pencuri Spesialis Pembobol Minimarket Ditembak Polisi Jember

Sindikat Pencuri Spesialis Pembobol Minimarket Ditembak Polisi Jember

Melawan dan hendak melarikan diri saat ditangkap, akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Sindikat pencuri spesialis minimarket modus bobol dinding di Jember akhirnya diringkus polisi. Tiga pelaku di antaranya yang berstatus residivis terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berupaya melawan saat ditangkap.

Empat pelaku pencuri spesialis minimarket ini hanya bisa pasrah saat digelandang petugas ke Mapolres Jember. Tiga pelaku bahkan harus berjalan tertatih sebab kakinya tertembak lantaran berupaya melawan saat ditangkap Tim Kalong Satreskrim Polres Jember, pada Rabu malam 25 Oktober 2023.

Diketahui jika ketiganya yang masing-masing bernama Suhardi (40), Hendrik (35), dan Hasyim (30) merupakan residivis kasus pencurian dengan modus membobol tembok bangunan.

BACA JUGA:Aksi Heroik Karyawati Minimarket Jember Lawan Pengutil

Terakhir ketiganya beraksi di salah satu minimarket di Desa Garahan, Kecamatan Silo Jember, pada Agustus lalu, dan berhasil menjarah uang tunai Rp 25 juta dari dalam brankas serta barang-barang lainnya.

Sedangkan satu pelaku lain bernama Manijo (65) berperan sebagai penadah barang hasil curian.

"Dari tangan komplotan ini polisi turut mengamankan barang bukti seperti linggis, obeng, serta alat perusak lemari besi lainnya," ungkap AKP Abid Uais, Kasat Reskrim Polres Jember, Jumat 27 Oktober 2023.

BACA JUGA:Dua Komplotan Pembobol Alfamart di Jember Diringkus, Dua Masih Buron

Kasus ini bermula dari laporan dari pemilik minimarket di Desa Garahan, Kecamatan Silo Jember, yang kehilangan uang tunai Rp 25 juta dan barang-barang lainnya. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi para pelaku.

Tim Kalong Satreskrim Polres Jember kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menangkap keempat pelaku di tempat berbeda. Ketiga pelaku yang berstatus residivis terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berupaya melawan saat ditangkap.

"Para pelaku ini beraksi dengan cara membobol tembok belakang minimarket menggunakan linggis dan obeng. Mereka kemudian masuk ke dalam minimarket dan mengambil uang tunai serta barang-barang lainnya," jelas AKP Abid Uais.

BACA JUGA:Polres Jember Ringkus Perampok Toko Emas Murni, Ternyata Residivis Pembobol Rumah

Kasat Reskrim Polres Jember mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap aksi pencurian dengan modus membobol tembok bangunan. Masyarakat juga diminta untuk melapor ke polisi jika mengetahui adanya aktivitas mencurigakan di sekitar lingkungannya.

"Kami juga akan terus melakukan patroli dan pengawasan untuk mengantisipasi aksi kejahatan serupa," pungkas AKP Abid Uais.(edy)

Sumber: