Waspada Dampak Bahaya bagi Kesehatan Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Waspada Dampak Bahaya bagi Kesehatan Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Terlalu lama menatap layar gadget dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti mata lelah, sakit kepala, dan gangguan tidur. Yuk, mulai sekarang batasi waktu penggunaan gadget Anda-pixabay-

MEMORANDUM-Penggunaan gadget saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Namun terlalu lama menatap layar gedget juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Selain sebagai alat komunikasi, ponsel memiliki banyak fitur yang dapat dinikmati penggunanya, mulai dari kamera, game, hingga konektivitas internet. 

Akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:Ajak Anak Sehari Tanpa Gadget, Kenalkan Rempah-rempah Sejak Usia Dini

Ada beberapa dampak negatif ponsel yang patut Anda waspadai Munculnya dampak negatif ponsel biasanya bergantung pada intensitas penggunaannya. Semakin tinggi penggunaannya, semakin besar pula risiko gangguan kesehatan. 

Penggunaan ponsel secara berlebihan menimbulkan sejumlah dampak negatif bagi kesehatan, antara lain:

• Gangguan mata

Dampak paling umum akibat terlalu lama menatap layar gadget adalah gangguan mata, seperti mata lelah, mata merah, mata kering, dan penglihatan kabur. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar biru dari layar gadget yang dapat merusak retina mata.

• Gangguan leher dan bahu

Menatap layar gadget dalam waktu lama dapat membuat leher dan bahu menjadi tegang dan kaku. Hal ini disebabkan oleh posisi leher yang menunduk ke bawah saat menggunakan gadget.

• Gangguan tidur

Paparan cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang berperan dalam mengatur tidur. Hal ini dapat menyebabkan sulit tidur atau tidur tidak nyenyak.

BACA JUGA:Pergunakan Gadget Tak Sehat, Bisa Picu Kekerasan terhadap Anak

• Gangguan kesehatan mental

Sumber: