Inilah 3 Olahraga yang Aman bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut

Inilah 3 Olahraga yang Aman bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Nyeri pada sendi lutut bisa dipicu oleh berbagai hal seperti penuaan, kelebihan berat badan, atau penyakit tertentu seperti osteoarthritis. Meski begitu, kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara.

Kamu dapat mengompres sendi dengan kompres dingin, menggunakan natrium diklofenak, hingga melakukan olahraga tertentu yang bisa mengurangi rasa nyeri.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Terasa Mengganjal dan Nyeri

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan oleh penderita nyeri lutut.

1. Berjalan Kaki

Olahraga ini bisa melemaskan otot-otot yang mengelilingi sendi lutut sekaligus meredakan kekakuan yang ditimbulkan. Awalnya kamu akan merasakan nyeri di persendian. Namun, rasa nyeri tersebut akan hilang secara perlahan jika kamu mulai rutin berjalan kaki.

2. Bersepeda

Bersepeda juga aman dilakukan penderita nyeri sendi lutut. Olahraga ini aman dilakukan karena termasuk dalam olahraga intensitas rendah dan gerakan saat bersepeda tidak memberikan tekanan berat pada lutut.

BACA JUGA:Peringatan Kesehatan: Pentingnya Menggunakan Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

3. Berenang

Olahraga berenang bisa mengurangi tekanan pada lutut, sehingga mampu meredakan nyeri sendi lutut yang diderita. Tak hanya itu, berenang juga dapat mendorong banyak sendi untuk bergerak secara bersamaan.

Sumber: