Persiapan Menjelang Hari Pahlawan 10 November Mulai Warnai Kota Surabaya

Persiapan Menjelang Hari Pahlawan 10 November Mulai Warnai Kota Surabaya

Peringatan Hari Pahlawan Kota Surabaya -istimewa-

MEMORANDUM-Persiapan rangkaian peringatan hari pahlawan 10 November Surabaya mulai matang dipersiapkan. Berbagai kegiatan simbolik memperingati pahlawan khususnya perjuangan. Arek-arek Suroboyo melawan penjajah nampaknya menggetarkan kota Surabaya. Persiapan menjelang hari pahlawan 10 November mulai warnai kota Surabaya

Salah satu kegiatan yang sudah mulai dilakukan adalah pemasangan umbul-umbul dan spanduk ucapan Selamat Hari Pahlawan. Umbul-umbul dan spanduk tersebut terlihat di berbagai jalan protokol dan pusat keramaian di Surabaya.

Selain itu, berbagai kegiatan lain juga sudah mulai dipersiapkan, seperti upacara peringatan Hari Pahlawan, ziarah ke makam pahlawan, dan lomba-lomba.

Kegiatan tersebut antara lain pembagian selebaran dengan helikopter di kota Surabaya untuk menghidupkan kembali semangat patriotik para pahlawan 10 November 1945. Lalu pidato Gubernur Suryo yang menolak ultimatum panglima tentara Sekutu, keputusan KH Hasyim Asyar dan keputusan jihad. Kemudian digaungkan oleh pembicara Bung Tomo.

Lampu sorot laser terang benderang Tugu Pahlawan tersebar di seluruh Surabaya. Rangkaian kegiatan berakhir dengan diadakannya upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional tanggal 10 November 2012 di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. 

Selain itu, juga ada kegiatan pemberian penghargaan kepada sembilan tokoh Jawa Timur yang berjiwa kepahlawanan. Kriteria penghargaan juga dilihat berdasarkan seberapa keras mereka bekerja untuk mencapai sesuatu yang mereka perjuangkan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada mantan Gubernur Jawa Timur, Moh. Noer, Ibu Soekarno sebagai pengusaha pelayaran, pengusaha barang-barang rumah tangga Alim Markus, pengusaha tembakau Susilo Wonowijoyo, anak kandung Bung Tomo Bambang Sulistomo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Jawa Timur Gubernur Soekarwo.

Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November tahun ini rencananya akan digelar di Surabaya sebagai bagian dari pengabdian kepada para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Surabaya 67 tahun lalu. (*)

Sumber: