Pesona Keindahan Tempat Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Pesona Keindahan Tempat Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Keindahan Kawah Ijen yang berwarna biru yang memikat wisatawan di Banyuwangi-istimewa-

MEMORANDUM-Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata kawah yang indah untuk dikunjungi, salah satunya kawah yang menarik untuk dikunjungi adalah Kawah Ijen, Banyuwangi. Ini dia pesona keindahan tempat wisata Kawah Ijen Banyuwangi.

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata yang mampu memberikan pengalaman unik dan menarik bagi pengunjungnya. 

Wisata kawah ijen juga bisa menjadi pilihan karena destinasi wisata ini menampilkan keindahan alam dan keunikan fenomena alamnya.

Selain itu juga anda bisa menikmati panorama alam sekaligus menyaksikan aksi para penambang di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi. 

BACA JUGA:Asal Usul Tarian Gandrung Banyuwangi

Penambang biasanya turun ke dasar kawah untuk mengumpulkan bongkahan belerang. Ketika mereka mendapatkannya, mereka mengambilnya dan menaruhnya di atas bukit. Perlu dicatat bahwa para penambang sangat berani dan melakukannya dengan cara konvensional, hanya mengandalkan kekuatan tubuh mereka.

Maka tak heran bila melihat para penambang belerang turun dari bukit hanya sekedar mengangkut belerang dalam jumlah besar.

Tak hanya itu saja, berwisata ke kawah juga menawarkan aktivitas petualangan yang berkesan. 

Kawah Ijen Banyuwangi merupakan sebuah tempat wisata alam yang terletak di kabupaten banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya berada di kompleks Gunung Ijen yang berada pada ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut.

Menurut berbagai sumber, Kawah Ijen merupakan objek wisata berupa danau asam berwarna biru kehijauan dengan diameter sekitar 700 meter dan luas 5.466 hektar. Kedalaman kawah Ijen mencapai 200 meter, dan volume danaunya bisa mencapai 36 juta meter kubik. 

BACA JUGA:Tiga Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicoba

Berdasarkan sejarahnya, Kawah Ijen Banyuwangi terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen 300 ribu tahun lalu, hingga akhirnya membentuk cekungan besar dan menjadi sebuah danau. 

Salah satu daya tarik Kawah Ijen di Banyuwangi adalah Blue fire yang biasa muncul dari kawah pada malam hari. Blue fire tersebut merupakan hasil pembakaran belerang di kawah yang terbakar secara alami. Blue fire ini biasanya terlihat pada pagi hari sebelum pukul 05.00 WIB.

Fenomena Blue fire yang ada di dunia hanya ada dua, salah satunya di Kawah Ijen Banyuwangi. Keindahan danau berwarna biru kehijauan dengan latar belakang pegunungan dan lingkungan sekitarnya menjadikannya menarik bagi pengunjung. 

Sumber: