Kodim 0833/Malang Geber Program Jambanisasi untuk Warga

Kodim 0833/Malang Geber Program Jambanisasi untuk Warga

Prosesi pembangunan jamban sehat untuk warga-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Kodim 0833/ Kota Malang membangun jambanisasi untuk masyarakat. Dilaksanakan secara tersebar di sejumlah titik. Sasarannya adalah pembuatan untuk umum dan masyarakat yang belum mempunyai jamban.

Dengan keterbatasan yang ada, pengadaan jamban tetap dilakukan jajaran Kodim 0833/Kota Malang. Yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban di rumah.

"Di samping untuk meringankan beban masyarakat, juga sebagai wujud kepedulian TNI. Agar jalinan komunikasi sosial, dengan masyarakat. Tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat," terang Dandim Kota Malang, Letkol Heru Wibowo Sofa, Senin 23 Oktober 2023.

Salah satunya, di wilayah RT. 02 RW. 01 Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing. Babinsa Kelurahan Arjosari, Sertu Wisnu menyampaikan, jamban sangat penting keberadaannya.

BACA JUGA:110 Keluarga di Asemrowo Terima Manfaat Program Jambanisasi Gratis

Sehingga perlu dijaga kebersihannya. Karena, buang hajat di sungai atau di tempat sembarang,  berdampak penyakit yang bisa menyebar.

"Kegiatan pembangunan Jamban sangat penting, untuk sanitasi lancar. Sehingga masyarakat nyaman dan tidak lagi mengotori lingkungan sekitarnya," terang Sertu Wisnu, Senin 23 Oktober 2023.

Pembangunan jamban ini, tambah Wisnu, sudah tahap pemasangan plengsengan depan dan pengecetan luar dalam.

Lokasi lain yang dilaksanakan pembangunan jamban, di jalan MT. Hariono RT. 05/RW. 03,  Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

BACA JUGA:Waaster Kodam V/Brawijaya Cek Penggarapan Program Jambanisasi di Wilayah Kodim Jember

Babinsa Koramil 0833/05 Lowokwaru, Pelda Edi Santoso bersama warga, membangun untuk masyarakat di wilayah binaannya.

"Kegiatan ini dilaksanakan, masih dalam rangka HUT ke 78 tahun 2023. Kodim 0833/Kota Malang membangun jamban sehat sebanyak 50 Unit," terangnya.

Dalam pembangunannya, dilaksanakan bersama masyarakat. Diharapkan, setiap keluarga memiliki jamban keluarga yang bersih dan sehat. Guna menunjang kegiatan kebersihan lingkungan.

"Sehingga, dapat menghindarkan mereka dari penyakit akibat lingkungan yang buruk. Seperti disentri, diare dan lain sebagainya," pungkasnya.(edr)

Sumber: