Indonesia Masters 2023 Bakal Sajikan Persaingan Ketat

Indonesia Masters 2023 Bakal Sajikan Persaingan Ketat

Alwi Farhan (kanan) dan Ribka Sugiarto akan menjadi andalan tuan rumah di Indonesia Masters 2023 yang digelar di Jatim Expo mulai besok--

SURABAYA, MEMORANDUM - Turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2023 dipastikan akan menjanjikan tingkat persaingan yang lebih sengit dan berkualitas. Ini karena tidak hanya levelnya naik, turnamen juga bakal diikuti pemain yang memiliki peringkat BWF lebih baik.

Kalau pekan sebelumnya berada di level international challenge, kini turnamen masuk dalam level 6 kalender BWF World Tour Super 100. Ajang internasional ini akan kembali digelar di Jatim International Expo, Kota Surabaya selama enam hari, 24-29 Oktober 2023.

Selain menyediakan hadiah total 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar, turnamen ini juga menyediakan poin rangking BWF. Kampiun di lima nomor bakal mendapat 5.500 poin, runner up 4.680 poin, dan semifinalis 3.850 poin.

"Karena itu, Indonesia Masters 2023 bakal menjanjikan persaingan yang lebih sengit dibanding Indonesia International Challenge pekan lalu. Ini bukan hanya karena level turnamen dan hadiah yang lebih meningkat, tetapi juga karena persaingannya lebih sengit dan ketat," tutur Armand Darmadji, ketua panitia pelaksana pada sesi konferensi pers di Hotel Alana, Senin 23 Oktober 2023.

BACA JUGA:Wakajati Jatim Tutup Kejuaraan Bulu Tangkis Kajati Jatim Cup 2023, Ini Hasil Lengkapnya

Sengitnya persaingan bisa dilihat dari nama-nama pemain yang turun. Misalnya, di tunggal putra ada Su Li Yang, peringkat 36 dunia asal Chinese Taipei, Takuma Obayashi (Jepang/41 dunia), Jeon Hyeok Jin (Korea/49), atau Mithun Manjunath pemain rangking 56 dunia yang sempat membela India di Asian Games Hangzhou, China lalu.

Sementara di tunggal putri ada Sim Yu Jim, unggulan pertama asal Korea sekaligus juara turnamen pekan lalu), Riko Gunji (unggulan kedua dari Jepang), Thet Htar Thuzar (unggulan ketiga asal Myanmar). Sementara andalan tuan rumah, Ester Nurumi Tri Wardoyo, unggulan keempat.

Bahkan, peraih medali perak ganda campuran Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal Malaysia, Chan Peng Soon juga datang menambah panas persaingan. Cuma kali ini dia akan tampil bareng pasangan barunya, Cheah Yee See.

"Bagi pemain pelapis dan junior Pelatnas PBSI di Cipayung, ini kesempatan bagi mereka untuk mengasah kemampuan, mengukur kekuatan, dan mendapatkan pengalaman di turnamen internasional," tutur Armand.

BACA JUGA:Mia Amiati Berharap Kejuaraan Bulu Tangkis Kajati Jatim Cup Digelar Rutin dan Berkesinambungan

Menurut Armand, Indonesia bakal menerjunkan kekuatan terbaik. Di antaranya ada juara World Junior Championship 2023 di Spokane, Washington, AS, Alwi Farhan, Juga ada unggulan pertama ganda putri sekaligus juara Indonesia Masters 2023 di Medan, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari. Selain itu masih ada Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum yang jadi unggulan kedua dan ketiga di ganda putri.

Di ganda campuran tuan rumah menerjunkan pasangan andalan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata, dan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow, hingga Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani.

Secara total terdapat 241 pemain dari 15 negara siap tampil di BNI Indonesia Masters 2023. Negara peserta tersebut adalah Australia, Inggris, Prancis, Hong Kong, India, Jepang (32 pemain), Korea (18), Malaysia (53), Myanmar, Nigeria, Sri Lanka, Thailand (30), Chinese Taipei (20). Amerika Serikat, dan tuan rumah Indonesia dengan 67 pemain.

Wakil ketua pelaksana, Putu Rangga Jayarana menyebutkan, pihaknya siap menggelar kembali kejuaraan bulutangkis setelah pekan lalu menggelar Indonesia International Challenge yang berlangsung lancar.

Sumber: