Ketahui Dampak Negatif dari Kecanduan Konsumsi Ganja bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Dampak Negatif dari Kecanduan Konsumsi Ganja bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi ganja --

SURABAYA, MEMORANDUM - Ganja berasal dari daun, batang, serta tunas tumbuhan tersebut. Efek menenangkan bisa muncul setelah mengonsumsinya. Itulah mengapa banyak orang yang mengalami kecanduan ganja.

Kecanduan ganja adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, kandungan dalam ganja bisa memicu efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Berikut merupakan dampak kecanduan ganja : 

1. Kerusakan Paru-Paru 

Salah satu organ tubuh yang bisa mengalami kerusakan akibat kecanduan ganja adalah paru-paru. Sebab, ganja dikonsumsi dengan cara dibakar dan diisap, layaknya rokok.

2. Gangguan Fungsi Otak 

Kecanduan ganja juga bisa menyebabkan terhambatnya fungsi otak. Pada remaja atau pengguna usia muda, ganja bisa memengaruhi perkembangan otak, menyebabkan hilangnya focus, penurunan kemampuan mengingat, serta penurunan kemampuan berkonsentrasi. 

3. Peningkatan Detak Jantung 

Mengisap ganja bisa menyebabkan peningkatan detak jantung. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, terutama pada orang yang memiliki riwayat atau faktor risiko penyakit jantung.

4. Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam jangka waktu panjang, kecanduan ganja juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat berbahaya dalam marijuana disebut bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber: