Polres Malang Gerojok Air Bersih Warga Pepen

Polres Malang Gerojok Air Bersih Warga Pepen

Polsek Kepanjen saat distribusi air bersih--

MALANG, MEMORANDUM - Musim kemarau yang cukup panjang berdampak pada menurunnya debit air bersih pada setiap mata air. Hal tersebut juga dirasakan oleh warga Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang di mana yang biasanya kebutuhan air bersihnya dicukupi oleh HIPAM desa.

Karena menurunnya debit air, guna melayani masyarakat, secara otomatis hal tetsebut tidak bisa terlayani dengan baik. Hal tersebut membawa dampak serius, bagi sebagian warga Dusun Pepen desa Mojosari.

"Hal itu dirasakan beberapa hari kemarin dan berkeluh kesah pada Bhabinkamtibmas dan dilanjutkan pada Polsek Kepanjen," terang Kompol Sri Widyaningsih, Rabu 18 Oktober 2023.

Menanggapi situasi tersebut, Polsek Kepanjen dengan cepat bergerak memberikan bantuan kepada warga, yang terdampak dengan mengerahkan truk tangki untuk mendistribusikan air bersih kepada warga Dusun Pepen RT 3 RW 3 Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen.

BACA JUGA:Polsek Kepanjen Ringkus Pengedar Pil Koplo

"Pendistribusian air bersih ini merupakan respons, terhadap keluhan sebagian warga dusun Pepen pada Bhabinkamtibmas," kata Widya.

Karena beberapa hari terakhir beberapa warga, kesulitan untuk mendapatkan air bersih guna memneuhi kebutuhan sehari-hari. Krisis air beraih tersebut berimbas, pada kebutuhan warga seperti mencuci dan memasak.

Menanggapi keluhan warga tersebut pihak Polsek, kemudian berkoordinasi dengan Polres Malang untuk mengirimkan sebuah truk tangki air berkapasitas 4000 liter guna mendistribusikan air bersih kepada warga yang membutuhkan. Hingga saat ini, sudah tiga tangki air bersih telah didistribusikan kepada warga.

"Kami mendistribusikan air bersih di desa Mojosari, yang mengalami kesulitan air bersih. Sehingga warga kurang bisa, melakukan aktivitas seperti mencuci dan memasak," imbuh Kompol Widya.

BACA JUGA:Pemantauan Wabah PMK, Kapolsek Kepanjen Kunjungi Peternak

Berdasarkan informasi warga setempat, krisis air disebabkan oleh menurunnya debit air sarana penyedia air bersih swadaya, Budhi Daya Tirta Guna, Dusun Pepen, Mojosari, Kepanjen, sebagai dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan. Akibatnya, pasokan air bersih yang selama ini dimanfaatkan oleh 225 KK dari 5 RT ini tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Selain memberikan bantuan air bersih, Kepolisian Resor Malang juga merencanakan tindakan preventif untuk mencegah terulangnya masalah ini di masa depan. Kepolisian akan bekerja sama dengan instansi terkait guna mencari solusi jangka panjang agar pasokan air bersih yang memadai dapat dijamin untuk seluruh warga desa Mojosari, Kepanjen.(kid)

Sumber: